Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Wednesday 17 June 2015

    Tiga Kuliner Wonosobo yang Mendunia

    Tiga kuliner Wonosobo yang mendunia ini sebenarnya sudah diakui para pecinta kuliner. Akan tetapi, sebenarnya banyak makanan khas Wonosobo yang perlu dieksplore dan dijamah. Apalagi, saat ini di Jawa Tengah banyak digelar festival kuliner. Oleh karena itu, warga Wonosobo dan umumnya Jawa Tengah perlu mengenal lebih dekat kuliner khas Wonosobo.

    Tiga makanan khas Wonosobo tersebut adalah Mi Ongklok khas Wonosobo, Sego Megono khas Wonosobo dan Dendeng Gepuk khas Wonosobo. Ketiga kuliner tersebut menjadi khazanah kuliner Wonosobo. Jadi Wonosobo bisa dikenal dari tiga makanan tersebut.

    Mi Ongklok khas Wonosobo
    Mi Ongklok khas Wonosobo  ini sangat lezat. Mi Ongklok  atau sebagian orang menyebutnya Mie Ongklok adalah salah satu jenis makanan khas Wonosobo yang berasal dari mie kering, ada juga yang basah yang direbus, kemudian diberi tambahan sayur kubis. Selain itu, Mi Ongklok dicamour dengan adukan, atau disebut ongklok (bahasa Jawa) di dalam panci, atau baskom.

    Setelah diongklok dan matang, kemudian diberi tambahan tepung kanji yang warna dasarnya cokelat. Kemudian, ada yang menambahkannya dengan sate ayam yang menjadi teman saat menikmati Mie Ongklok tersebut. Mi Ongklok khas Wonosobo ini juga biasanya dicampur dengan makanan lain, seperti keripik tahu, tempe kemul atau sate sapi yang sangat menggoda lidah. Biasanya, Mi Ongklok juga diongklok dengan alat sendiri, seperti keranjang kecil dari bambu yang sangat alami.

    Sego Megono khas Wonosobo
    Seperti halnya dengan makanan khas daerah lain, Sego Megono khas Wonosobo juga mendunia dikenal banyak orang. Sego Megono adalah nasi yang dicampur dengan sayuran, kemudian juga ikan teri. Sebagian masyarakat Wonosobo, menyebut Sego Megono juga disebut Sego Reged, yang artinya adalah nasi kotor dengan campuran ikan teri di dalamnya.

    Dendeng Gepuk khas Wonosobo
    Dendeng Gepuk khas Wonosobo ini juga menjadi salah satu makanan khas Wonosobo yang mendunia. Banyak sekali orang mencari Dendeng Gepuk crispy fried goat meat, resep Gepuk Cilampeni, resep Empal Gepuk Sunda, resep Empal Gepuk Goreng, resep Empal Gepuk Enak, daging Empal Gepuk, resep masakan Empal Gepuk, bumbu Empal Gepuk dan sebagainya.

    Dendeng Gepuk khas Wonosobo ini juga menjadi salah satu khazanah kuliner khas Wonosobo yang maknyus. Oleh karena itu, masyarakat Wonosobo harus menjaga kuliner khas Wonosobo ini.
    (Laporan Kuliner/Foto: Wiki).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tiga Kuliner Wonosobo yang Mendunia Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top