Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Tuesday 16 June 2015

    Empat Sekolah di Wonosobo Buka PPDB Lebih Awal

    Drs Musofa MPd di kantornya, Senin (15/6/2015).
    Wonosobo, Harian Wonosobo – Ada empat sekolah di Kabupaten Wonosobo yang diperbolehkan untuk membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) lebih awal. Penerimaan peserta didik boleh dilaksanakan setelah mendapatkan iji tertulis dari kepala dinas pendidikan, kebudayaan, pemuda dan olahraga Kabupaten Wonosobo.

    “Sekolah yang mendapat ijin tertulis untuk menyelenggarakan PPDB jalur penelusuran bakat dan prestasi itu adalah SMKN  I Wonosobo, SMAN I Wonosobo, SMPN 1 Wonosobo dan SDN 1 Wonosobo. Mereka diperbolehkan untuk melaksanakan penerimaan lebih awal lewat jalur bakat dan prestasi,” ungkap Kepala Bidang Bina Program dan Pengembangan Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Wonosobo, Drs. Musofa, M.Pd. dikantornya, Senin (15/6/2015). 

    Penerimaan jalur bakat dan prestasi ini hanya diperbolehkan merekrut sebanyak 10 persen. Untuk kemudian, sisa 90 persen dilaksanakan lewat jalur PPDB secara serentak.

    “Rencananya hanya akan diperbolehkan untuk merekrut peserta didik sekitar 10 persen lewat jalur bakat dan prestasi. Sisanya lewat jalur penerimaan secara bersama-sama,” terangnya. 

    Menurutnya, prestasi merupakan hasil yang telah dicapai oleh peserta didik dari sebuah kompetisi. Tentunya, meliputi bidang akademik, bidang olahraga, bidang kesenian, dan bidang ketrampilan.

    “Untuk peserta didik yang memiliki prestasi dibidang akademik, ketramplan, olahraga dan kesenian bisa mendaftar ke empat sekolah yang sudah direkomendasi kepala dinas,” terangnya.

    Untuk prestasi di bidang akademis adalah hasil yang telah dicapai peserta didik dalam kompetisi KIR, lomba mata pelajaran dan peserta didik berprestasi. Lalu, prestasu bidang olahraga meliputi semua cabang kompetisi cabang olahraga resmi yang dipertandingkan pada even tingkat nasional.

    “Terus untuk pretasi bidang kesenian, bisa seni tari tradisional, seni tari modern, seni suara, lukis, musk, karawitan, teater, pendalangan, seni baca puisi, mengarang dan MTQ. Kemudian, ketrampilan yang dicapai peserta didik dalam kompetensi pramuka dan PMR tingkay nasional, probinsi, kabupaten dan kecamatan juga bisa dijadikan acuan,” ungkapnya. 

    Dasar yang digunakan untuk memperbolehkan sekolah tersebut menyelenggarakan penerimaan lebih awal yakni keputusan kepala dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Wonosobo nomor 421/2018/2015 tentang penyelenggaraan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2015/2016.

    “Pada pasal 37 ayat 3 berbunyi bahwa sekolah yang akan menyelenggarakan PPDB jalur penelusuran bakat dan prestasi (seperi Eks RSBI) dapat dilaksakan setelah mendapatkan ijin tertulis dari Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Wonosobo,” tuturnya.  (Red-HW48/Foto: FJ/Harian Wonosobo). 
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Empat Sekolah di Wonosobo Buka PPDB Lebih Awal Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top