Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Sunday 14 June 2015

    Pot Bunga Mawar di Wonosobo Pikat Pelanggan

    BUAT POT: Fredi warga Gubragan Wonosobo membuat pot bunga mawar.
    Wonosobo, Harian Wonosobo –  Pot bunga mawar di Wonosobo pikat pelanggan. Kecantikan bentuk pot yang menyerupai bunga mawar paling diminati dan mampu memikat hati perorangan dan instansi pemerintahan. Sebab, dalam sebulan ratusan pot bunga jenis mawar mampu terjual dengan cepat.

    “Pesanan paling banyak itu pot bentuk bunga mawar. Karena, bentuknya dianggap cantik dengan tekstur yang minimalis,” terang Fredi pembuat pot bunga asal Gubragan, Kelurahan Mudal, Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo di sela-sela proses pembuatan pot beberapa waktu ini.

    Tingginya permintaan pelanggan itu bisa dilihat dari banyaknya pesanan pot bungan jenis mawar selama beberapa bulan terakhir. Karena, hampir ada ratusan pot bungan mawar yang dipesan.

    “Sebelumnya ada pesanan pot bunga jenis mawar saja jumlahnya sebanyak 60 buah. Kemudian, ada juga yang pesan pot dengan jumlah tidak terlalu banyak dan memilih pot bunga mawar,” katanya.

    Menurut Fredi, pesanan terbanyak itu datang dari instansi baik pemerintahan maupun swasta. Karena, untuk perorangan biasanya hanya pesan dengan jumlah terbanyak 10 buah.

    “Biasanya pemesan terbanyak itu instansi pemerintahan,” tuturnya. 

    Menurut Fredi, bentuk pot mawar itu diminati karena bentuk potnya yang lonjong dan memiliki daun disamping lonjongan pot bunga. Lalu, setiap pot memiliki  bunga yang terdiri dari 5 helai bunga mahkota.

    “Dari bentuknya bisa menjadikan hiasan taman atau rumah menjadi tambah indah. Karena,  dibuat dengan keserasian helai bunganya,”ucapnya. 

    Disebutkan pula, kerajian pot bunga yang dibuatnya tak hanya jenis bunga mawar. Karena, masing-masing pelanggan memiliki keinginan yang berbeda. Untuk itu, menyediakan pula pot bungan jenis swastika, cagak kotak, wajan lambe, cagak gede, anggur, dan bonsai.

    “Kami membuat puluhan jenis pot bunga yang berbeda-beda,”paparnya. 

    Mujib, yang juga sebagai pengrajin pot bunga mengatakan, untuk membentuk pot bunga dengan berbagai jenis bunga tidak kesulitan lagi. Karena, sudah ada cetakan pot yang sesuai dengan jenisnya.

    “Cetakannya kan sudah ada, kami tinggal memasang cetakan dan langsung memasukkan bahan-bahan materialnya saja,” tuturnya. 

    Disebutkan, untuk bahan pembuatan pot bunga tersebut adalah pasir dan semen. Kemudian, diaduk hingga merata lalu dimasukkan didalam cetakan.

    “Sebelum dimasukkan, cetakannya dioles dengan oli terlebih dahulu. Lalu, baru dipasang rangka besi dan dimasukkan materialnya,”paparnya. 

    Untuk harga jenis pot bunga tersebut tergantung dengan jenis bunganya. Karena, harga bervariasi tergantung tingkat kerumitan dalam pembuatannya. “Harga paling rendah Rp250 ribu,” tutupnya. (Red-HW54/Foto: Fatjam/Harian Wonosobo).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pot Bunga Mawar di Wonosobo Pikat Pelanggan Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top