Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Sunday 14 June 2015

    Jalan Kauman Wonosobo Sering Macet

    MACET: Susana Jalan Kauman Wonosobo, kemarin.
    Wonosobo, Harian Wonosobo - Kemacetan panjang sering dialami kendaraan roda dua dan roda empat di jalan Kauman Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Kendaraan roda empat tak muat jika dipaksakan melaju ketika berpapasan dengan delman. Sebab, separo jalan sedang diperbaiki oleh pemerintah agar kenyamanan pengguna tidak terganggu. Sehingga, masih disisakan separo jalan untuk bisa dilalui kendaraan. Sayangnya, jalan tersebut juga merupakan jalan utama delman.

    Pantauan Harian Wonosobo, kereta roda dua yang ditarik seekor kuda berhenti di tengah-tengah jalan. Karena, separo jalan sedang diperbaiki. Kemudian, ada bus yang melalui jalur tersebut hingga akhirnya muncul kemacetan jalan sepanjang 30 meter. Kemacetan tersebut terjadi hampir setiap hari ketika jalan sedang diperbaiki.

    “Sudah sejak dulu Ini kan jalur utama untuk delman, jadi tidak bisa melalui jalan lain. Karena, sedang diperbaiki maka secara otomatis jalannya disisakan separo, sehingga kalau lewat sini harus macet,” ungkap Kusir Delman asal Sambek, Sutris disela-sela menarik delmannya, Kamis (28/5/2015) kemarin.

    Sejauh ini belum ada jalur lain yang bisa dilalui delman. Karena, rute untuk mengantarkan penumpang sudah ditetapkan melalui Sumberan, Kauman dan menuju Bugangan. Namun, karena sedang ada perbaikan jalan maka harus rela berdesak-desakan.

    “Saya sendiri juga bingung, kalau tidak lewat jalur ini lewat jalan mana lagi. Sementara itu, ketika dipaksakan maka jalannya sering macet,” ucapnya. 

    Ia mengaku, apabila diperbolehkan melalui jalur lain maka akan memilih untuk sementara tidak lewat jalan tersebut. Supaya tidak terjadi kemacetan setiap harinya. “Kalau ada jalan lain, saya siap untuk melewatinya,” tuturnya. 

    Sopir bus jurusan Dieng, Wahno mengaku, setiap kali berpapasan dengan delam maka dipastikan akan terjadi kemacetan panjang. Sebab, jalan yang dilewati sempit, karena sedang ada perbaikan. “Ukuran busnya kan cukup besar, jadi kalau delmannya sudah ditengah-tengah maka dipastikan akan macet. Karena, menunggu delmannya dulu bisa lewat,” katanya. 

    Menurutnya, untuk meminimalisir terjadinya kemacetan maka bisa dilakukan dengan pengalihan jalur untuk delman. Selain itu, bisa dilakukan pula dengan pengalihan jalur untuk angkutan umum. “Sementara karena jalannya sedang diperbaiki maka bisa delman dialihkan, atau angkutan dialihkan,” harapnya.  (Red-HW49/Foto: Jam/Harian Wonosobo).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Jalan Kauman Wonosobo Sering Macet Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top