Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Friday 26 June 2015

    Dinas Kesehatan Wonosobo Fatwakan Jauhi ISPA

    Pekerja jalan yang rentan terkena ISPA di Wonosobo
    Wonosobo, Harian Wonosobo - Dinas Kesehatan Wonosobo fatwakan jauhi ISPA kepada masyarakat. Pemerintahan Kabupaten Wonosobo mengimbau masyarakat agar mewaspadai berbagai macam penyakit yang muncul pada musim kemarau saat ini.

    “Penyakit yang rentan menyerang masyarakat pada musim kemarau saat ini adalah batuk, demam, diare, dan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). Untuk itu kita minta masyarakat lebih waspada terhadap serangan penyakit yang biasa menyerang saat musim panas ini," ungkap Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan UPKBM Bidang Pengembangan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo Suherni Riyati dikantornya, Kamis (25/6/2015) kemarin. 

    Menurutnya, penyakit ISPA bisa menyerang setiap orang karena saat kemarau debu yang beterbangan berkemungkinan besar masuk pada rongga pernafasan. "Masuknya debu ke rongga pernafasan maka tubuh akan menolaknya, sehingga bisa memunculkan batuk maupun bersin yang membuat rongga tersebut luka atau pun infeksi," katanya.

    Jika demikian, maka serangan demam pada masyarakat juga akan tinggi dan ini harus diwaspadai. Bahkan, penyakit diare yang biasanya sering menyerang masyarakat saat musim hujan juga bisa berpotensi besar terjangkit saat kemarau.

    “Untuk itu perlu sekali agar menjaga kesehatan selama musim kemarau,” ujarnya. 

    Penyebabnya, menurut Suherni, karena debu yang beterbangan ditiup angin dan masuk pada sumber maupun wadah penampungan air yang dipergunakan warga untuk minum.

    "Jika air sudah tercampur debu maka diare akan mudah menyerang warga," ujarnya. 

    Cara yang bisa dilakukan adalah, masyarakat diimbau untuk menutup tempat penampungan air serta wadahnya guna mengurangi risiko terserang diare.

    “Untuk mengatasi penyebaran penyakit saat kemarau, petugas puskesmas akan lebih banyak memberikan penyuluhan terhadap masyarakat,” tuturnya.

    Sedangkan ketersedian obat-obatan masih mencukupi untuk melayani masyarakat. "Ketersediaan obat tidak perlu dikhawatirkan karena stok kita masih mencukupi," tambahnya. (Red-HW39/Foto: Jam/Harian Wonosobo).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Dinas Kesehatan Wonosobo Fatwakan Jauhi ISPA Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top