Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Sunday 14 June 2015

    Pelajar SMP Maarif Mlandi Dilepas, Siswa Kenakan Pakaian Adat

    WISUDA: Pelajar dan Kepala SMP (tengah) saat foto bersama.
    Wonosobo, Harian Wonosobo – Proses wisuda  siswa-siswi kelas 9 Sekolah Menengah Pertama (SMP) Maarif Mlandi, Kecamatan Garung, tahun ajaran 2014/2015 dibuat berbeda dengan tahun sebelumnyya. Perbedaan itu tampak jelas pada pakaian yang dikenakan siswa-siswi dan guru, karena peserta  wajib mengenakan pakaian adat.



    “Ada sedikit perbedaan pada pelepasan tahun ini dibandingkan tahun sebelumnya. Kalau tahun sebelumnya tidak ada keunikan  tertentu, namun untuk kali ini para siswa kelas 9 diwajibkan memakai pakaian adat bagi putra dan putri,” ungkap Wakil Kepala SMP Maarif Mlandi, Pawit Riyadi disela-sela proses wisuda di Balai Desa Mlandi, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Sabtu (30/5/2015) tak lama ini.



    Tidak hanya para siswa, namun para guru juga diwajibkan memakai kebaya dan pakaian adat jawa. Salah satu tujuannya untuk menanamkan rasa nasionalisme dan kemajemukan Nusantara.



    “Kita ingin anak-anak juga bisa mengenal kembali kemajemukan yang ada di Indonesia dengan pakaian adat. Selain itu, supaya mereka tertanam rasa nasionalisme,” tuturnya.



    Keunikan pakaian yang dikenakan juga sebanding dengan angka melanjutkan ke jenjang yang lebih tingggi. Sebab, pada tahun ini diperkirakan angka melanjutkan akan mengalami kenaikan hingga 75 persen.



    “Hasil pendataan kami, sudah ada sekitar 75 persen pelajar lulusan tahun 2015 akan melanjutkan. Dan yang lainnya rencannya akan menempuh jalur non formal yakni ke pondok pesantren,” ucapnya.



    Menurutnya, diperkirakan angka melanjutkan tahun ini terbilang tinggi dibandingkan tahun sebelumnya. Sebab, pada tahun sebelumnya, dari total 113 pelajar yang lulus ada sekitar 15 sampai 30 yang melanjutkan.



    “Tahun ini dari 116 pelajar sudah ada sekitar 75 persen yang berencana melanjutkan,” katanya.



    Selain itu, dari 116 pelajar yang lulus tahun ini. Ada lima anak yang memperoleh nilai tertinggi. Peroleh peringkat lima yaitu Lailatul Masuroh putri Hadi Sumarno, peringkat ke empat  Siti Junari putri Muslim, peringkat ke tiga  Ahmad Fathurahman, putra Mardio, peringkat ke dua Sri Murni putri Wasito dan peringkat pertama Fani Yuliani putri Mustangin. (Red-HW48/Foto: Fatjam/Harian Wonosobo).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pelajar SMP Maarif Mlandi Dilepas, Siswa Kenakan Pakaian Adat Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top