Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Tuesday 16 June 2015

    Masa Orientasi Peserta Didik Wonosobo Dilaksanakan 3 Hari

    Wonosobo, Harian Wonosobo – Masa orientasi peserta didik baru (MOPDB) tahun ajaran 2015/2016 untuk Sekolah Dasar (SD) Negeri dan Swasta, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri dan Swasta, Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri dan swasta, serta SMK Negeri dan Swasta dijadwalkan secara serentak selama selama 3 hari sejak tanggal 9 sampai 11 Juli 2015.  Namun, jadwal untuk pendaftaran peserta didik dilaksanakan dengan jadwal yang berbeda.

    “Hari pertama masuk sekolah akan dijadwalkan pada 9-11 Juli 2015 untuk semua tingkatan,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Wonosobo, Samsul Maarif, MM dikantornya, Senin (15/6/2015). 

    Untuk jadwal pendaftaran pelaksanaan penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2015/2016 di tingkatan SD, SMP dan SMA berbeda. Karena, untuk tingkat SD Negeri pendaftaran dimulai sejak 25 sampai 30 Juni  2015. Lalu, untuk SD Swasta dilaksanakan sejak 25 Juni-3Juli 2015. Kemudian, untuk SMP Negeri pendaftaran dimulai sejak 22 sampai 24 Juni, dan SMP Swasta dimulai sejak 22 juni sampai 4 Juli. Untuk SMANegeri pendaftaran dimulai 22 sampai 25 Juni. Dan SMA Swasta dimuali sejak 22 Juni sampai 1 juli 2015. Kemudian, untuk SMK Negeri dimulai 22sampai 25 Juni. Dan SMK Swasta mulai 22 Juni sampai 1 Juli.

    “Untuk pendaftarannya ada sedikit perbedaan, tetapi untuk MOPDB dilaksanakan secara serentak,” tuturnya. 
    Masa orientasi itu dilakukan sebelum hari efektif proses pembelajaran di satuan pendidikan. Proses orientasi dilaksanakan selama 3 hari. “Pada kegiatan itu diberikan penghangat suasana (ice-breaking), pengenalan sekolah dan wawasan kebangsaan,” ucapnya.

    Sasaran MOPDB itu adalah calon peserta didik baru kelas VII SMP, kelas X SMA/SMK dengan mengikutsertakan guru dan karyawan. Pelaksanaan MOPDB didasarkan pada prinsip mendidik, membimbing, membina, mengarahkan, mudah, murah, meriah, massal.

    “Suasana yang dibangun juga menyenangkan disesuaikan dengan kondisi sekolah peserta didik,” harapnya. 

    Dalam menyampakan materi MOPDB juga menggunakan metode ceramah tidak mengarah para perploncoan dalam bentuk apapun, dengan materi pancasila, nasionalisme/wawasan kebangsaan, bela negara, budi pekerti, lingkungan hidup.

    “Pada akhir MOPDB peserta didik tidak perlu diberikan piagam/sertifikat sebagai tanda bukti lulus atau penyelesaian MOPDB,” terangnya. 

    Untuk pakaian yang dikenakan, dinas menghimbau utuk mengenakan seragam sekolah sebelumnya. (Red-HW38/Foto: Jam/Harian Wonosobo).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Masa Orientasi Peserta Didik Wonosobo Dilaksanakan 3 Hari Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top