Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Tuesday 16 June 2015

    Pertanian dan Pembangunan Jalan Wonosobo jadi Prioritas

    Darmono SH
    Kaliwiro, Harian Wonosobo - Sejatinya sektor pertanian dan pembangunan jalan sangatlah penting untuk diperhatikan. Karena pertanian merupakan sumber kehidupan manusia yang paling utama. Hal itu diungkapkan oleh caleg di daerah pemilihan Kaliwiro, Kalibawang dan Wadaslintang, dari Partai Demokrat, Darmono, SH yang berpeluang menduduki kursi dewan karena memperoleh suara sekitar 6000, kepada Harian Wonosobo di rumahnya, Senin (12/5).

    Menurutnya, usaha yang dilakukan petani akan baik manakala sarana prasarana juga baik. Tetapi, aspek pertanian akan kurang baik ketika sarana yang dimiliki petani minim. "Selama ini tidak ada yang bisa dilakukan banyak, untuk mencari petani yang militan, karena petani saat ini hanya mengandalkan tenaganya saja, tetapi sarananya sangat kurang," terang ketua DPAC Demokrat Kecamatan Kaliwiro ini.
    Darmono cukup bijak dalam menilai kurangnya petani berkembang. Diantaranya, cukup banyak petani yang kekurangan modal untuk tanam, kemudian masih banyak pula petani yang kurang berpengetahuan dalam bidang menanam.

    "Bahkan pola tanam yang dilakukan petani terkesan cukup apa adanya. Padahal, jika petani memahami tata kelola tanam maka sangat berpotensi untuk meningkatkan kesejahteraan," terangnya.

    Ia juga menilai, sejauh ini ada kesulitan dari petani untuk membikin kelompok tani. Terutama, pihak terkait kadang tidak welcame dengan kedatangan kelompok tani baru. Padahal, peran kelompok tani untuk meningkatkan perekonomian itu sangat besar.

     "Kelompok tani sangat penting untuk menyentuh pertanian, hanya saja cukup dipersulit," terangnya.

    Sejauh ini, Darmono mengaku sudah membantu para kelompok tani untuk meningkatkan kesejahteraannya. Seperti halnya, membantu mencarikan bantuan dari pemerintah pusat berupa kebun bibit rakyat, bansos kambing serta bansos ikan. Bantuan tersebut sudah dirasakan akan manfaatnya oleh petani.

    "Bahkan untuk alat-alat pertanian juga sudah didapatkan, baik berupa traktor, pomba air dan irigasi yang lancar. Nantinya, ketika sarana penunjang untuk pertanian diperhatikan secara serius maka petani akan maju dan sejahtera," tuturnya.

    Disebutkan pula, agar sektor pertanian bisa berjalan dengan baik juga perlu diperhatikan jalan pertanian dan jalan desa. Karena. Kedua sarana tersebut sangat menunjang berlangsungnya proses pertanian.

    "Ketika jalan desa sudah dibangun dengan baik. Maka, penyaluran hasil pertanian juga akan dengan mudah tersalurkan. Sehingga, perekonomian masyarakat akan meningkat," tambahnya.

    Ia juga mengatakan, apabila didewan dirinya tidak ditempatkan di bagian pertanian, bukan berarti kemudian mengesampingkan sektor pertanian. Tetapi, ia akan menjalankan tugas ke DPR an sebagaimana mestinya dan tetap peduli pertanian.

    Disinggung mengenai Pandangan Bupati Wonosobo kedepan, ia mengaku mendukung sepenuhnya ketua DPC Demokrat. Sebab, perjuangan dan loyalitas beliau di dalam partai sudah tidak diragukan lagi. (Red-HW34/Foto: Jam/Harian Wonosobo).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pertanian dan Pembangunan Jalan Wonosobo jadi Prioritas Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top