Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Sunday 14 June 2015

    Candi Puntadewa Dieng Kondisinya Darurat

    DARURAT: Kondisi Candi Puntadewa, kemarin.
    Wonosobo, Harian Wonosobo – Pengunjung atau wisatawan komplek Candi Arjuna di kawasan Dieng dilarang untuk mendekati ataupun memasuki Candi Puntadewa. Sebab, kondisi Candi Puntadewa keadaannya darurat.

    Area candi puntadewa dipagari dengan rafia. Kemudian, sikeliling candi dipasang kayu untuk menahan candi agar tidak roboh. Sebab, ada beberapa titik yang cukup mengancam ketika tidak ditahan dengan kayu. Lalu, disebelah candi Puntadewa dipasang larangan untuk memasukinya.

    “Untuk sementara candi punta dewa tidak diperbolehkan untuk dimasuki pengunjung. Karena, kondisinya dalam keadaan darurat dan kami sudah memasang pengumuman di sebelah candi,” ungkap petugas candi Arjuna, Solihin kepada Harian Wonosobo, Selasa (2/6/2015) kemarin.

    Menurutnya, ada beberapa titik yang perlu diperbaiki. Karena, kondisinya sudah tidak baik. Namun, sebagai antisipasi awal supaya tidak terjadi hal yang dinginkan maka dipasang kayu.

    “Sudah dipasang mengelilingi candi dengan kayu, supaya aman dan tidak roboh. Karena, kondisinya perlu ada yang diperbiki,” tuturnya. 

    Pihaknya belum bisa memastikan proses perbaikan. Sebab, masih dalam proses perawatan. Untuk itu, pengunjung dimohon untuk pengertiannya tidak memasuki Candi Puntadewa.

    “Untuk mengantisipasi itu semua, maka area candi sudah dipasang dengan pagar rafia. Supaya, pengunjung tidak bisa memasukinya,” tambahnya.

    Pengunjung asal Kertek, Muhaimin mengaku, tidak berani untuk memasuki candi Puntadewa. Sebab, sudah ada larangannya. Namun, ia bisa mengabadikannya dengan berfoto di Candi Arjuna.

    “Masih ada tiga candi yang aman, jadi bisa untuk mengabadikannya mas,” terangnya. 

    Selama ini, banyak orang berwisata di Candi Puntadewa, Candi di Jawa Tengah, Candi Sembadra, Candi Srikandi, Candi Sojiwan, Candi Bubrah, Candi Prambanan, Candi Kalasan, Candi Muara Takus dan sebagainya. Namun kini, Candi Puntadewa masih dalam proses perbaikan. (Red-HW49/Foto: Jam/Harian Wonosobo).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Candi Puntadewa Dieng Kondisinya Darurat Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top