Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Thursday 23 July 2015

    Kesenian Ruded Wonosobo Memukau Dunia

    Seni Ruded yang ditampilkan di Wonosobo, kemarin.
    Wonosobo, Harian Wonosobo – Kesenian Ruded Wonosobo memukau dunia. Demikian ungkapan yang tepat untuk menggambarkan kesenian menarik ini. Ratusan warga Kreo, Kecamatan Kejajar terpikat dengan pagelaran kesenian ruded dalam acara halal bihalal dan kirab budaya yang di gelar di lapangan Kreo.

    Kesenian yang sudah lama tak diikutkan dalam berbagai pagelaran perayaan, kini mulai meramaikan agenda tahunan untuk memperingati halal bihalal Desa Kreo, Kecamatan Kejajar. “Paling memikat warga adalah kesenian ruded  asli Kreo, karena ruded merupakan kesenian yang ada sejak tahun 1965 dan sekarang baru mulai akan ada lagi ini,” ungkap ketua panitia kirab budaya Desa Kreo, Ahmad Bejo kepada Harian Wonosobo di sela-sela perayaan, Kamis (23/7/2015).
     
    Menurutnya, untuk mengawali acara tahunan desa Kreo, dilakukan dengan melalukan kirab budaya keliling desa. Kemudian, dilanjutkan dengan pentas seni dilapangan. “Berbagai kesenian menampilkan kehebohannya dilapangan. Semua warga menyaksikan kesenian itu, karena untuk menghibur warga,” tuturnya.

    Menurutnya, acara halal bi halal dan merayakan HUT RI ke 70 ini merupakan acara tahunan yang di selenggarakan oleh pemerintah desa Kreo dan pemuda kreo bersatu.

    “Acara ini berlangsung dua hari, pertama nguri-nguri budaya dan menjalin rasa persatuan dan kesatuan warga,” katanya kepada harianwonosobo.com. 

    Kmudian di lanjutkan lomba antar RT, yaitu lomba balap karung, Bola volly buta, Tanggap belut, Stoking warior, serta tinju bantal di atas lumpur.

    “Antusias warga untuk ikut lomba juga sangat tinggi. Mereka saling membantu tim dari masing-masing RT,” jelasnya. 

    Kepala Desa Kreo, Sugeng Riyadi mengharapkan dengan adanya kirab budaya maka kesenian yang ada di desa bisa dilestarikan. Kemudian, persatuan dan kesatuan warga terjalin dengan baik.

    “Setidaknya melestarikan budaya dan saling bahu membahu dalam kebaikan,” katanya. (Red-HW34/Foto: Harian Wonosobo).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kesenian Ruded Wonosobo Memukau Dunia Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top