Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Sunday 13 December 2015

    Tanggul Wangan Wonosobo Peninggalan Belanda Jebol, Kok Bisa?

    Puluhan warga Dusun Kleyang Gunung, Desa Pungangan, Kecamatan Mojotengah sedang memperbaiki tanggul wangan tandu yang jebol, Minggu (13/12/2015).
    Wonosobo, Harian Wonosobo -  Tanggul wangan tandu peninggalan Belanda yang bersumber dari sungai serayu dan  letaknya di dusun Kleyang Gunung, Desa Pungangan, Kecamatan Mojotengah kembali longsor. Padahal, pada hujan tahun lalu juga terjadi longsor, lalu tahun ini sudah mulai diperbaiki.

    Sayangnya, upaya tersebut harus kandas ditengah jalan, karena longsoran yang kedua kalinya kembali terulang.  Dampaknya, ratusan  hektare area persawahan yang berada di dusun Kleyang Jurang, Kaliasem, Kalitulang dan sebagian dusun Gondang terancam hingga bulanan tak terairi.
    Kepala Dusun Kleyang Gunung, Desa Pungangan, Ahmad Mahin mengatakan, tanggul tersebut kembali longsor pada hujan lebat yang terjadi Jumat (11/12/2015). Padahal, sudah ada pihak ke tiga yang akan memperbaikinya.

    “Cakar ayamnya itu sudah dipasang, lalu sebagian senderannya juga sudha dipasang. Tiba-tiba hujan lebat, lalu dibagian atasnya kembali longsor. Hingga akhirnya menutup wangan tandu dan sudah tidak bisa mengalirkan air lagi,”tuturnya disela-sela gotong royong untuk membuat jalan, Minggu (13/12/2015).

    Langkah yang dilakukan adalah membuatkan jalan untuk para petani. Karena, jalan tersebut merupakan jalur penting untuk petani. Sehingga, warga secara gotong royong membuat jalan terlebih dahulu.

    “Jalannya kan juga ikut hilang, sehingga petani yang memili lahan disekitar sini harus berputar lewat jalan yang lebih jauh. Untuk itu, kami secara gotong royong memperbaiki jalannya,”tuturnya. (Red-HW99/Foto: Ja/Harian Wonosobo).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tanggul Wangan Wonosobo Peninggalan Belanda Jebol, Kok Bisa? Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top