Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Friday 11 December 2015

    Rofik Aziz Desak Pemerintah Desa Rajin Musyawarah Desa

    Rofik Aziz anggota Komisi A DPRD Kabupaten Wonosobo.
    Wonosobo, Harian Wonosobo - Musyawarah desa juga menjadi hal yang sangat urgen. Karena, dengan musyawarah desa, maka usulan-usulan dari semua komponen akan mampu tertampung.

    “Melalui musyawarah desa itulah, semua masukan dan kebutuhan akan bisa terbaca. Tentunya, dengan mengundang semua komponen yang ada di desa,” tutur tutur Rofik Aziz Komisi A DPRD Kabupaten Wonosobo, di kantornya, Jumat (11/12/2015).

    Prioritas penggunaan Dana Desa sebagaimana dimaksud dalam Pasal  5  huruf  didasarkan  atas  kondisi  dan  potensi  Desa,  sejalan  dengan  pencapaian  target RPJM Desa dan RKP Desa setiap tahunnya.

    Di antaranya dapat meliputi, pembangunan dan pemeliharaan jalan desa, pembangunan dan pemeliharaan jalan usaha tani, pembangunan dan pemeliharaan embung desa, pembangunan energi baru dan terbarukan, pembangunan dan pemeliharaan sanitasi lingkungan, pembangunan dan pengelolaan air bersih berskala desa, pembangunan dan pemeliharaan irigasi tersier, pembangunan dan  pemeliharaan  serta  pengelolaan  saluran  untuk  budidaya perikanan serta pengembangan sarana dan prasarana produksi di desa.

    “Setiap desa memiliki potensi yang berbeda, beda. Untuk itu, desa harus bisa menganalisa komponen yang dibutuhkan,”tuturnya.

    Penggunaan  Dana  Desa  yang  bersumber  dari  APBN  untuk  Pemberdayaan Masyarakat  Desa  terutama untuk penanggulangan kemiskinan dan peningkatan akses atas sumber daya ekonomi, sejalan dengan pencapaian target RPJM Desa  dan RKP Desa setiap tahunnya, yang diantaranya dapat  mencakup peningkatan kapasitas kelompok masyarakat melalui, kelompok usaha ekonomi produktif, kelompok perempuan, kelompok tani, kelompok masyarakat miskin, kelompok pengrajin, kelompok pemerhati dan perlindungan anak, kelompok pemuda serta kelompok lain sesuai kondisi desa.

    “Untuk itu komponen yang tergabung dalam kelompok juga perlu diberikan pemberdayaan. Karena, uu mengaturnya,” pungkas dia. (Red-HW99/Foto: Harian Wonosobo).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Rofik Aziz Desak Pemerintah Desa Rajin Musyawarah Desa Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top