Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Friday 18 December 2015

    Tak Ada Gempa, Bahu Jalan Kleyang Gunung Wonosobo Retak

    Warga Kleyang Gunung, Desa Pungangan, Kecamatan Mojotengah sedang memperlihatkan kondisi bahu jalan yang retak, Jumat (18/12/2015).
    Wonosobo, Harian Wonosobo - Bahu jalan sepanjang 10 meter di dusun Kleyang Gunung, Desa Pungangan, Kecamatan Mojotengah mengalami keretakan. Kondisi tersebut sangat mengancam keselamatan pengguna jalan, mengingar lokasi Retakan berada tepat dikompleks pemukiman warga.

    Untuk mengantisipasi agar retakan tidak bertambah, warga memberikan rambu-rambu peringatan dengan memasang sebuah kantong berisi tanah. Retakannya cukup lebar, karena sudah mencapai 2 centimeret. Padahal, jalan tersebut merupakan jalan Kabupaten, penghubung antara Kecamatan Watumalang dan Mojotengah, Wonosobo.

    Haryanto warga dusun Kleyang Gunung, Desa Pungangan, mengatakan, sejak hujan lebat yang terjadi beberapa hari ini, membuat bahu jalan menjadi retak. Retakannya sudah sangat membahayakan, karena lebarnya sudah mencapai dua centimeter.

    "Kami khawatir jika sewaktu-waktu longsor, karena retakannya semakin hari, semakin bertambah lebar. Kalau tidak segera diperbaiki maka bahu jalannya bisa longsor,"tuturnya.

    Apabila retakan longsor, dipastikan kendaraan roda dua bermuatan besar tidak bisa melewatinya.Karena, bahu jalan yang akan terkena cukup luas. "Hampir separuh jalannya yang akan terkena, jadi kendaraan berat tidak mungkin bisa melaluinya,"tuturnya.

    Kepala Dusun Kleyang Gunung, Desa Pungangan, Ahmad Mahin membenarkan, bahu jalan yang mengamai retakan tersebut sudah disampaikan ke pihak desa. Namun, karena merupakan jalan Kabupaten maka ditangani langsung oleh Kabupaten. "Jadi jalan tersebut merupakan jalan Kabupaten, sehingga merupakan wewenang Kabupaten. Karena, jalur ini merupakan jalur penghubung kecamatan Watumalang dan Mojotengah," katanya.

    Menurutnya, jalur tersebut merupakan jalur yang sangat ramai. Karena, pengguna jalan yang hendak ke wilayah Garung, Kejajar untuk lebih cepat, seringnya memanfaatkan jalur Kleyang Gunung.

    "Karena ini merupakan jalur alternatif dua kecamatan,"tuturnya.
    Pihaknya juga mengharapkan, agar kondisi retakan jalan tersebut segera diperbaiki. Supaya, bahu jalan tetap aman dan bisa dilalui kendaraan dengan aman. "Kalau dibiarkan, bis jadi separo jalannya hilang," tuturnya.

    Sementara itu, pihak Bina Marga Kabupaten Wonosobo ketika ditemui dikantornya sedang tidak ada. Sehingga, belum bisa memberikan keterangan terkait upaya yang akan segera dilakukan. (Red-HJ99/Fat/Harian Wonosobo).

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tak Ada Gempa, Bahu Jalan Kleyang Gunung Wonosobo Retak Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top