Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Tuesday 1 December 2015

    Ironis, Angka Pendidikan Wonosobo Terendah di Jawa Tengah

    Ilustrasi
    Wonosobo, Harian Wonosobo - Kabupaten Wonosobo merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang angka partisipasi pendidikannya termasuk rendah. Dalam data Susenas tahun 2013, menunjukkan bahwa angka partisipasi sekolah pada usia 16 – 18 tahun di Kabupaten Wonosobo hanya 37 persen.

    “Rendahnya angka pendidikan ini dapat memicu tingginya angka kriminalitas di Kabupaten Wonosobo dan sekitarnya. Oleh karena itu, partisipasi semua elemen masyarakat Wonosobo dalam bidang pendidikan sangat diperlukan,” kata Handoyo, Peneliti Serayu Institut (SI) Kabupaten Wonosobo ketika ditemui dirumahnya, Senin (30/11).

    Padahal, pendidikan merupakan kebutuhan dasar bagi setiap masyarakat. Bangsa yang maju adalah bangsa yang masyarakatnya berpendidikan. “Semakin bagus kualitas pendidikan di suatu daerah berbanding lurus dengan turunnya angka kriminalitas. Apabila angka pendidikannya rendah, maka angka kriminalitas di Wonosobo bisa meningkat,” tuturnya,

    Tingkat ketimpangan pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kriminalitas.  Untuk itu, agar tidak terjadi ketimpangan dalam dunia pendidikan maka semua elemen harus bergerak. “Butuh kehadiran dari semua elemen, baik peserta didik, orang tua, guru, tokoh masyarakat dan pemerintah dalam meningkatkan angka pendidikan. Supaya, semakin hari semakin banyak anak yang melanjutkan. Bukan sebaliknya, semakin hari semakin banyak anak yang putus sekolah,”tuturnya.

    Menurutnya, angka melanjutkan dari SD ke SMP sudah cukup tinggi. Meskipun, masih ada beberapa yang tidak melanjutkan. Namun, angka yang tidak melanjutkan dari SMP ke SMA masih cukup tinggi. “Karena sesuai data dari dinas pendidikan masih ada sekitar 4ribu anak SMP yang tidak melanjutkan. Untuk itu, perlu dicarikan solusi yang terbaik. Supaya, angka melanjutkan, utamanya dari SMP ke SMA semakin meningkat,”tuturnya. (Red-HW99/Foto: Jam/Harian Wonosobo).

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ironis, Angka Pendidikan Wonosobo Terendah di Jawa Tengah Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top