Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Tuesday 1 December 2015

    Hasil Pilkada Wonosobo 2015 Harus Dijaga Ketat

    Ilustrasi
    Wonosobo, Harian Wonosobo – Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati yang maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Wonosobo harus bisa menjaga ketat hasil perolehan suara setelah pencoblosan. Sebab, proses penghitungan suara sudah tidak lagi dilakukan di PPS. Karena, setelah dihitung di KPPS akan dihitung kembali di PPK. Sementara, PPS hanya menampung dari KPPS dan menyalurkannya kembali ke PPK.

    “Untuk itu paslon harus bisa mengirimkan saksi di setiap KPPS. Supaya, sebelum dihitung oleh KPU, paslon sudah memiliki data yang valid dari setiap KPPS,” tutur peneliti Serayu Institut (SI) Musadad kepada Harian Wonosobo, Selasa (1/12/2015).

    Dengan demikian, ada upaya  saling mengawasi antara paslon dengan penyelenggara. Hal itu untuk mengantisipasi adanya dugaan atau isu negative. “Langkah untuk menyiapkan saksi disetiap KPPS dilakukan agar paslon juga bisa mengetahui hasil perolehan suara sebelum dilakukan penghitungan oleh KPU. Sebab, kalau menunggu hasil dari KPU maka akan memakan waktu terlalu lama,”tuturnya.

    Pihaknya juga meyakini bahwa setiap paslon sudah tentu akan mengirimkan saksi disetiap KPPS. Karena, saksi disetiap KPPS merupakan hal yang sangat perlu untuk dilakukan. “Dan itu sudah pasti dilakukan, karena mereka para paslon akan menjaga hasil perolehan suaran mereka sejak dari KPPS,” tuturnya.

    Menurutnya, dengan adanya model penghitungan suara sudah tidak lagi melalui PPS sangat membantu paslon. Karena, paslon yang maju sudah tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar lagi untuk saksi di PPS.

    “Sebenarnya model penghitungan yang dilakukan sangat membantu para paslon. Karena, akan menghemat biaya untuk menerjunkan saksi,”tuturnya. (Red-HW99/Foto: Harian Wonosobo).

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Hasil Pilkada Wonosobo 2015 Harus Dijaga Ketat Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top