Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Sunday 13 March 2016

    Hebat, RT 2 Kampung Sidojoyo Terbukti Lingkungannya Paling Bersih

    RT 2 RW IV Kampung Sidojoyo, Kelurahan Pagerkukuh sedang menunjukkan piala pemenang lomba kebersihan didampingi Ketua RW IV, Lurah Pagerkukuh beserta stafnya. 

    Wonosobo, Harian Wonosobo - Rukun Tangga (RT) 2 RW IV Kampung Sidojoyo, Kelurahan Pagerkukuh terbukti lingkungannya paling bersih. Sebab, setelah melalui proses panjang, RT 2 Sidojoyo akhirnya terpilih sebagai pemenang lomba kebersihan lingkungan. Uniknya lagi, piala bergilir ini bisa menjadi piala tetap apabila bisa mempertahankan 3 kali berturut-turut. Penyerahan pemenang dilakukan oleh Kakel Pagerkukuh, Purdianto kepada Ketua RT 2 (Untung) di Balai RW IV Kampung Sidojoyo, Minggu (13/3). 
    RT 2 didapauk sebagai pemenang dalam rangka program rutinitas lingkungan RW IV Kampung Sidojoyo Kelurahan Pagerkukuh Kec/Kab.Wonosobo  yang di Komandoi Sdri Hj.Sulastri S.Pd selaku ketua RW.IV Kp.Sidojoyo.  Dalam setiap tahunnya mengadakan lomba kebersihan lingkungan 2 kali dalam 1 tahun yaitu setiap bulan Pebruari dan Agustus antar RT yang terdiri dari 5 RT dalam 1 RW, atas inisiatif dari pengurus mengadakan kegiatan lomba K5 penilaian yg sudah dilakukan beberapa waktu lalu langsung dari Lurah Purdianto sendiri beserta stafnya.
    Kriteria, indikator dan skala nilai lomba kebersihan lingkungan tingkat RT antara lain, lingkungan pemukiman terdiri dari sampah, sebaran dan fungsi pohon peneduh tempat sampah dan kebersihan MCK umum. Drainase terdiri dari sampah (gulma dan sedimen), fisik air dan aliran air. Jalan Lingkungan terdiri dari taman tepi jalan dan kebersihan jalan. "Sarana penunjang keindahan lingkungan terdiri dari taman tepi jalan, toga/warung hidup, gapuro, lampu penerangan jalan dan pengecatan pagar/fasilitas umum,"tutur Purdianto lurah Pagerkukuh. 
    Disebutkan, omposting, pengelolaan kompos skala rumah tangga juga jadi kriteria penilaian. Terus, Keamanan Lingkungan diambil di nilai dari prosentase kehadirannya tiap2 Rt dalam 6 bulan sebelumnya dalam melaksanakan kegiatan ronda malam."Setelah dilakukan penilaian, kemudian dilakukan evaluasi penentuan nominator lomba kebersihan, Dari hasil evaluasi secara umum banyak sisi positifnya, masyarakat bisa lebih berpartisipasi langsung terhadap program rutinitas yang selalu dilaksanakan semenjak 3 tahun yang lalu agar setiap warga bisa senantiasa mencintai lingkungannya, apresiasi dan antusiasme warga masyarakat terhadap lomba sebagian cukup bagus," tuturnya. 
    Hal – hal yang patut diapresiasi dalam penilaian yaitu untuk peningkatan secara fisik, bersih dan progress masyarakatnya bagus ada di Kampung Sidojoyo khususnya RW IV, kedepan direncanakan akan dibentuk kader kebersihan ditingkat RT dan RW untuk menggerakkan dan memberikan penyuluhan tentang budaya kebersihan dan lingkungan. (HW/99/Usy Yudha/Harianwonosobo). 


    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Hebat, RT 2 Kampung Sidojoyo Terbukti Lingkungannya Paling Bersih Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top