Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Sunday 20 March 2016

    Desa Tertinggi di Pulau Jawa ada di Wonosobo, Ini Dia?

    Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar merupakan desa tertinggi di pulau jawa. 
    Wonosobo, Harian Wonosobo - Secara administratif desa Sembungan terletak dikecamatan Kejajar, kabupaten Wonosobo. Desa yang terletak digugusan pegunungan Kendil, Pakuwaja dan Sikunir ini merupakan desa tertinggi dipulau Jawa, dengan ketinggian mencapai 2.306 mdpl. Desa Wisata Sembungan sudah populer sejak tahun 1911, hal ini diketahui dari dokumen tertulis pada tahun tersebut yang tersimpan dibeberapa negara Eropa, khususnya Belanda, sebagai desa tertinggi dipulau Jawa yang menawarkan pemandangan indah dan memiliki suhu udara yang dingin seperti di Eropa.
    Sementara itu masyarakat desa Sembungan dikenal kreatif dan inovatif dalam mengembangkan dan mempopulerkan desanya menjadi destinasi tujuan wisata. Sehingga tercatat desa ini dua kali meraih gelar juara tingkat propinsi Jawa Tengah dan DIY sebagai desa tujuan wisata tervaforit.
    Potensi wisata yang dimiliki desa Sembungan memang tiada duanya, desa ini menjadi pintu gerbang pendakian sunrise bukit Sikunir yang sudah populer diseantero Indonesia, jalur pendakian gunung Kendil, gunung Pakuwaja, telaga Cebong dan pesona tersembunyi curug Sikarim. Selain itu didesa Sembungan juga terdapat lokasi wisata religi makam Kyai Adam Sari (Joko Sembung) yang banyak dikunjungi peziarah dari berbagai kabupaten dan kota di Jawa Tengah. Keberadaan situs makam tua yang ditumbuhi pohon itu diperkirakan sudah berumur ratusan tahun. Menurut Ngaizudin ( tokoh masyarakat desa Sembungan), Mbah Kyai Adam Sari adalah nama lain dari Joko Sembung, Beliau merupakan putra Mpu Supo, saudara kandung Sunan Kalijaga. Silsilah dari Mbah Kyai Adam Sari (Joko Sembung) ini didapat dari silsilah kerajaan Demak, katanya.
    Pesona Desa Wisata Sembungan yang sedemikian besar itu mampu menyedot animo masyarakat luas. Hal ini tentunya menjadi angin segar bagi mayarakat desa Sembungan yang banyak menyediakan home stay (tempat tinggal sementara) bagi wisatawan dari luar daerah. Desa tertinggi dipulau Jawa yang dingin ini ternyata menawarkan kehangatan yang bersahabat dengan wisatawan, penduduknya yang ramah dan mudah bergaul membuat semakin kerasan berlama-lama tinggal didesa ini. (HW/44/Soemanto/Harianwonosobo).

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Desa Tertinggi di Pulau Jawa ada di Wonosobo, Ini Dia? Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top