Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Saturday 19 March 2016

    30 Guru Madrasah Digodok “Nganti Mateng” Pahami Penelitian Tindakan Kelas

    Puluhan guru madrasah sedang mengikuti Diklat Teknis Substantif Tenaga Kependidikan Peningkatan Kompetensi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di Resto Ongklok, Sabtu (19/3). 
    Wonosobo, Harian Wonosobo - Dalam rangka meningkatkan pengetahuan, keahlian, ketrampilan  pada proses pembelajaran dan  sikap mental guru untuk dapat melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan standar kompetensi sebagai seorang guru yang professional, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo  melaksanakan  Diklat Teknis Substantif Tenaga Kependidikan Peningkatan Kompetensi Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  bagi guru madrasah. Kegiatan ini, bekerja sama dengan Balai Diklat Kegamaan Semarang, dilaksanakan selama 5 hari, pada hari Selasa – Sabtu,  15 – 19 Maret 2016, bertempat di Resto Ongklok Wonosobo. 
    Kegiatan yang di mulai  pada hari Selasa, 15 Maret 2016 ini, di buka langsung oleh Kepala Kantor kementerian Agama Kabupaten Wonosobo Drs. H Muhtadin, MSI. Dalam sambutan pembukaannya,  Kepala Kantor Kementerian Agama  mengatakan, sebagai seorang pendidik, guru dituntut untuk selalu meningkatkan  kompetensinya agar bisa menyajikan pembelajaran bermutu, yang  berorientasi pada terbentuknya peserta didik yang berkarakter dan mampu eksis di era persaingan bebas. “Disamping itu, Guru juga dituntut meningkatkan profesionalitasnya  agar tidak kalah bersaing dengan pendidik dari luar negeri ketika diberlakukannya MEA,” katanya. 
    Lebih lanjut Drs. Muhtadi mengharapkan, dengan dilaksanakannya kegiatan diklat PTK ini, para peserta, yang berasal dari guru ASN  di lingkungan Madrasah di kabupaten Wonosobo, mempunyai semangat untuk memulai  menjadi pendidik dan sekaligus peneliti, dengan melaksanakan PTK di madrasahnya masing-masing. Di samping untuk  memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran, PTK juga sangat menunjang dalam rangka  kelnacaran proses kenaikan pangkat para ASN.
    Diklat  Substantif ini, diikuti oleh  guru Madrasah Ibtidaiyyah (MI)  dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) sebanyak 30 orang, yang berasal dari berbagai kecamatan di wilayah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo. Menghadirkan nara sumber yang kompeten dibidangnya, yaitu Widyaiswara  dari Balai Diklat Kegamaan Semarang,  H. Mutadi, S.Pd,M. Ed yang pernah menjadi Juara 1 Nasional Karya Tulis Ilmiah Widyaiswara tahun 2010 tentang Lesson Study dan Samsul Falakh, SS, M.Pd. 
    Di samping memahami materi kebijakan pendidikan Agama dan Kegamaan Kementerian Agama, melalui Diklat PTK ini,  para peserta sangat ditekankan untuk bisa menguasai  dan memahami konsep-konsep Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sehingga mampu menyusun Proposal Penelitian Tindakan Kelas, mampu menyusun Laporan Penelitian Tindakan Kelas dan juga  mempraktikan / mensimulasikan Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. 
    Peserta juga tidak hanya mendapatkan materi-materi atau teori berkaitan  dengan konsep dasar PTK, tetapi juga melakukan study lapangan dalam rangka simulasi pelaksanaan PTK yang dilaksanakn pada hari ke 3 , Kamis, 17 Maret 2016,  bertempat di MI Maarif Klesman. Dengan kegiatan study lapangan, para peserta mempraktekkan  langsung Penelitian Tindakan Kelas dan mendapatkan data riil yang kemudian diolah menjadi Laporan Penelitian Tindakan Kelas. 
    Pada hari terakhir, setiap peserta diwajibkan mengumpulkan produk diklat berupa Proposal PTK, Laporan PTK dan Rencana Tindak Lanjut (RTL) kegiatan diklat yang harus disosialisasikan di unit kerja masing-masing. Kegiatan ini  berakhir pada hari Sabtu, 19 Maret 2016 yang ditutup langsung oleh Kepala Balai Diklat Keagamaan Semarang dan di hadiri oleh Kepala Kantor Kementerian  Agama Kabupaten Wonosobo yang diwakili Kasi Penmad H. Panut, S.Pd,MM. (HW/99/ Edi Prayitno/Harianwonosobo). 





    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: 30 Guru Madrasah Digodok “Nganti Mateng” Pahami Penelitian Tindakan Kelas Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top