Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Sunday 27 March 2016

    Tulisan Jawa Kuno di Candi Bongkotan Bojasari, Kertek, Wonosobo

    Tulisan Jawa kuno di situs candi Bongkotan di Bojasari, Kecamatan Kertek.
    Wonosobo, Harian Wonosobo - Candi memang pada umumnya terbuat dari batu dan batu bata sehingga awet hingga saat ini. Selain mampu menjadi bahan ilmu pengetahuan situs candi juga menjadi tonggak sejarah asal usul  munculnya tempat tempat bersejarah.
    Di situs candi Bongkotan, Desa Bogasari, Kecamatan Kertek sendiri,  banyak peninggalan yang ada dan masih terawat dengan baik, meskipun lumut hijau menghiasi sekeliling batuan.
    Saat jurnalis harianwonosobo berkeliling area tersebut, dihalaman candi bongkotan terdapat batu batu pipih yang dijadikan lantai tempat pijakan . Uniknya lantai tersebut bertulisan bahasa sanksekerta dan jawa kuno dan beberapa gambar unik lainnya. "Banyak simbol simbol unik dan tidak mudah dipahami kami dan masyarakat awam"kata Muhzaini (27/3)
    Simbol simbol yang disebutkan Sang juru kunci tersebut ada yang berbentuk bulat, memanjang seperti ular dan berhuruf.
    Jika dilihat dari sejarah masa lampau, situs candi bongkotan merupakan area untuk menyebarkan ajaran agama dari hindu, budha dan Islam.
    Sementar  keunikan tempat tersebut seharusnya menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk menarik perhatian turis domestik maupun manca. (HW/99/Usy Yudha Prasetya/Harianwonosobo)




    • Default Comments
    • Facebook Comments

    1 komentar:

    1. wow keren ya! Indonesia memang penuh dengan keanekaragaman, cek disini Beautiful Indonesia untuk lihat keanekaragaman Indonesia lainnya ya

      ReplyDelete

    Item Reviewed: Tulisan Jawa Kuno di Candi Bongkotan Bojasari, Kertek, Wonosobo Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top