Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Tuesday 15 March 2016

    Memang Aneh, Bawang Putih "Lanang" Tembus Rp110ribu Perkilogram

    Suharno tengkulak bawang putih lokal asal Kalikuning, Kecamatan Kalikajar sedang menunjukkan bawang lanang dirumahnya, Rabu (16/3). 
    Wonosobo, Harian Wonosobo - Selama ini yang kita ketahui bawang itu hanya digunakan untuk bumbu masak. Ternyata, bawang juga memiliki jenis yang berbeda-beda dan khasiat yang berbeda pula. Bawang putih lokal dibagi dalam dua jenis, ada bawang putih lokal yang jenisnya perempuan, dan ada juga yang jenisnya laki-laki atau bawang lanang. Harga jenis bawang putih lokal "Lanang" itu juga lebih tinggi dan naik berkali lipat. Karena, diburu oleh peramu obat dari berbagai daerah. "Ada juga bawang lanang mas, harganya lebih mahal dan perkilogramnya bisa tembus Rp110ribu. Tapi, sangat sulit untuk bisa mendapatkan bawang lanang, karena setiap satu tonnya hanya ada sekitar 5 kilogram bawang putih lanang," tutur Suharno Tengkulak bawah putih lokal asal Kalikuning, Kecamatan Kalikajar, Rabu (16/3).
    Menurutnya yang membedakan bawang putih lokal lanang dan perempuan itu ada pada siulnya. Karena, untuk bawang putih lanang siulnya hanya satu, kemudian untuk bawang putih perempuan siulnya atau anakan siulnya cukup banyak. "Biasanya kalau bawang yang bukan lanang siulnya bisa capai 6 siul," tuturnya.
    Menurutnya, untuk harga bawang wadon atau perempuan hanya berkisar RP20ribu perkilogramnya. Namun, harga bawang putih lokal lanang harganya Rp110ribu perkilogramnya. "Karena bawang putih lanang itu banyak sekali khasiatnya, bisa digunakan untuk mengobati kanker, batuk dan aneka penyakit lainya,"tuturnya.
    Disebutkan, bawang lanang ini diburu dari peramu atau orang-orang dari luar daerah. Mereka memburu bawang lanang untuk dijadikan obat. "Dari luar negeri juga ada dan dari Bali, Semarang dan lainnya juga banyak yang mencari. Karena, setiap musim panen, hanya ada beberapa kilogram saja bawang lanangnya,"tuturnya. (HW/99/Kang Emil/Harianwonosobo).

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Memang Aneh, Bawang Putih "Lanang" Tembus Rp110ribu Perkilogram Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top