Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Wednesday 23 March 2016

    Ratusan Santri Tinggalkan Pesantren Al Alawiyah Kalikajar, Kok Bisa?

    KH Abdurrahim sedang menunjukkan pesantren Al Alawiyah Kalikajar, Rabu (23/3)
    Wonosobo, Harian Wonosobo -  Setelah berdiri diatas tanah wakaf selama kurang lebih 10 tahun, pesantren al Alawiyah yang berada di Dusun Ngasinan Kidul Kelurahan Kalikajar Kecamatan Kalikajar kini kondisi nya memprihatinkan. Pesantren yang dahulu dibangun dengan anggaran dari warga masyarakat dan donatur tersebut sepi tak berpenghuni lagi.
    Dalam pantauan jurnalis Harianwonosobo,  banyak jendela dan pintu yang mengalami kerusakan parah. Kepala KUA Syaful Rahman melalui Kyai H Abdurrahim selaku pegawai bidang perwakafan dan permasjidan kantor urusan agama Kalikajar menjelaskan dahulu pesantren al alawiyah ditempati 200 lebih santri dari luar kota dan santri dari Desa setempat,  akan tetapi dikarenakan berbagai kendala dan permasalahan yang ada, pimpinan dan para santri meninggalkan pesantren tersebut dan pindah ke daerah lain. "Pimpinan pesantren yang dulu secara lisan telah melimpahkan kepada KUA Kalikajar melalui saya, agar pesantren Al Alawiyah dapat dirawat untuk kelanjutanya" tuturnya, Rabu (23/3).
    Sejalan dengan kyai H abdurrohim, Khaironi sebagai imam masjid setempat juga mengungkapkan keprihatinan dengan kondisi pesantren. "Dahulu ceritanya pesantren al alawiyah memiliki peternakan dan hasil perkebunan yang cukup lumayan"katanya.
    Ia menambahkan,  saluran air PDAM sudah lama dicabut sementara untuk listrik masih bisa dipakai dan warga yang membayar setiap bulan. Pesantren yang berada ditengah-tengah pemukiman padat tersebut sedianya akan dibersihkan dan diperbaiki. "Nah untuk anggaran perbaikan pesantren kami sangat berharap ada bantuan dari para donatur-donatur agar perbaikan segera dilaksanakan"imbuhnya.  (HW/99/Usy Yudha Prasetya/Harianwonosobo)

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ratusan Santri Tinggalkan Pesantren Al Alawiyah Kalikajar, Kok Bisa? Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top