Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Monday 1 February 2016

    AKBP Azis Andriansyah, Kapolres Wonosobo yang Termuda se Jateng

    AKBP Azis Andriansyah, Kapolres Wonosobo 
    Kapolres Wonosobo AKBP Azis Andriansyah, S.H., S.I.K., M. Hum adalah salah satu Kapolres yang termuda se Jawa Tengah, Indonesia. Baginya, menjadi Kapolres adalah posisi yang harus dimanfaatkan secara maksimal.

    Sejatinya, menurut dia, masyarakat sangat membutuhkan polisi. Kenapa butuh, karena polisi adalah pelayan, pengayom dan pelindung masyarakat. Sayangnya, tak sedikit masyarakat yang memiliki rasa takut, ketika berpapasan dengan polisi. Rasa takut itu akan terbantahkan, ketika ketemu langsung dengan Kapolres Wonosobo AKBP Azis Andriansyah, S.H., S.I.K., M. Hum.

    Bagaimana tidak, selalau saja memiliki pendekatan yang beda, untuk membesarnya dan menanamkan ruh dalam bekerja kepada anggotanyasaja, Kapolres meminta dalam bekerja jangan sampai ada rasa terpaksa.

    “Dalam bekerja kita tidak boleh ada keterpaksaan. Namun dilaksanakan dengan kesadaran. Bukan Polisi yang butuh kita. Namun kita yang butuh polisi,” kata Lulusan Akademi Kepolisian tahun 1998 ini.

    Penanaman ruh kepada anggota itu mampu memberikan hasil yang mengejutkan. Setiap anggota semakin memahami dan mengerti tugasnya masing–masing. Pelaksanaan tugas dan pelayanan masyarakatpun berjalan dengan semakin baik.

    “Pimpinan yang baik adalah pimpinan yang mampu mengorganisasikan setiap anggota untuk mencapai hasil yang maksimal dengan tidak melupakan kedekatannya bersama anggota dan masyarakat,”tambah Kapolres.

    Kapolres Termuda se Jateng
    Kapolres termuda se Jawa Tengah ini paling bisa memunculkan gagasan-gagasan cemerlang untuk mendekati masyarakat. Buktinya, pada tahun pertama menjabat sebagai Kapolres Wonosobo, banyak kegiatan yang telah dilakukan oleh Kapolres. Hanya berselang sebulan dari serah terima jabatan, langsung disibukkan dengan Operasi Ketupat Candi 2015 untuk melakukan pengamanan perayaan hari raya Idul Fitri 2015.

    Setelah itu, langsung kembali disibukkan dengan rangkaian kegiatan pemilihan umum Bupati dan Wakil Bupati Wonosobo. Belum selesai dengan itu, langsung dilanjutkan dengan pengamanan Natal dan tahun baru 2016.

    “Luar biasa, saya menyadari bahwa semua itu memang sebuah tuntutan tugas. Tetap dijalani tanpa mengeluh. Karena dengan mengeluhpun pekerjaan itu tetap harus dilaksanakan,“lanjut Kapolres.

    Dikenal Peduli Anggota 
    Di kalangan anggota, AKBP Azis Andriansyah dikenal sebagai kapolres yang peduli dan memperhatikan anggota. Meskipun mempunyai banyak terobosan dalam melaksanakan tugas, namun tidak menghalangi kepedulian Kapolres. Seperti yang dilakukannya pada malam perayaan tahun baru 2016.

    Kapolres secara khusus menggelar kegiatan kamtibmas on the truck. Selain unutk menghibur masyarakat, kegiatan itu secara khusus dibuat untuk menghibur anggota Polri yang selesai melaksanakan tugas.

    Demikian pula halnya dengan kegiatan cooling down pasca tahapan pemungutan dan perhitungan suara. “Sikap joget grak” kata kapolres. Hal itu tentu membuat anggota bingung. Namun setelah terdengar alunan musik dan mendapatkan penjelasan, anggota langsung tidak sungkan untuk turut bergoyang.

    Dan hasilnya memang sangat mengejutkan. Setiap anggota semakin memahami dan mengerti tugasnya masing – masing. Pelaksanaan tugas dan pelayanan masyarakatpun berjalan dengan semakin baik.

    “Pimpinan yang baik adalah pimpinan yang mampu mengorganisasikan setiap anggota untuk mencapai hasil yang maksimal dengan tidak melupakan kedekatannya bersama anggota dan masyarakat,”tambah Kapolres.

    Cinta Kebersihan dan Kerapian 
    Bukan hanya itu, Kapolres Wonosobo ini juga paling suka dengan kebersihand an kerapian. Buktinya,  ada hal yang berbeda saat masuk ke Kantor Polres Wonosobo.

    Kesan bersih dan rapi langsung terasa. Bukan hanya itu, namun juga terasa lebih sejuk dan asri karena disana – sini banyak terdapat pot bunga maupun taman – taman kecil. Adalah prakarsa tak lain d Kapolres Wonosobo AKBP Azis Andriansyah, S.H., S.I.K., M. Hum.

    Ia  telah menyulap suasana Kantor Polres Wonosobo menjadi seperti itu.  Semenjak menjabat menjadi Kapolres Wonosobo sejak bulan april 2015, sudah banyak hal yang dilaksanakan oleh beliau. Salah satunya adalah dengan mencanangkan program polisi peduli.

    “Kepedulian ini dapat ditunjukkan dengan peduli akan kondisi sekitar tempat kerja. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah membuat lingkungan kerja yang bersih dan nyaman dengan cara menjaga kebersihan dan keindahan. saya percaya dengan kita peduli akan lingkungan kerja, akan pula menjadikan kita peduli terhadap masyarakat” katanya.

    Hal ini bukan hanya menjadi kebijakan yang dilaksanakan oleh anggota saja. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah dengan menggelar anggota untuk melaksanakan pengaturan arus lalu lintas pada pagi hari. Bahkan beliau juga turut serta terjun langsung ke lapangan.

    “Efisiensi. Sekalian cek keberadaan anggota, juga bisa ikut melayani masyarakat. Rasa simpatik itu akan hilang ketika kita sebagai abdi negara sudah tidak peduli lagi terhadap masyarakat.” Lanjut Kapolres.

    Memang terbukti. Dengan adanya program ini, intensitas kehadiran polisi di lapangan juga semakin bertambah. Hal ini menjadikan situasi kamtibmas menjadi lebih kondusif. “Situasi yang kondusif ini memang bukan terjadi secara instan. Namun merupakan hasil kerja keras bersama” jelas suami dari Primadewi Aftaria ini. (Red-HW99/Foto: Kapolres Wonosobo).

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: AKBP Azis Andriansyah, Kapolres Wonosobo yang Termuda se Jateng Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top