Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Thursday 25 February 2016

    Keren, Kampung Sidojoyo Gelar Lomba Kebersihan Lingkungan

    Lurah Pagerkukuh, Purdianto sedang menilai salah satu lingkungan yang bersih, Jumat (26/2).
    Wonosobo, Harian Wonosobo - Warga Kampung Sidojoyo, Kecamatan Pagerkukuh memiliki gagasan cemerlang untuk mendorong masyarakatnya agar peduli terhadap lingkungan. Agenda tersebut adalah lomba kebersihan lingkungan yang diikuti langsung oleh 5 RT.
    Ketua RW IV Kampung Sidojoyo, Hj. Sulastri mengatakan, dalam rangka program rutinitas lingkungan RW IV Kampung Sidojoyo, Kelurahan Pagerkukuh Kecamatan dalam setiap tahunnya mengadakan lomba kebersihan lingkungan. “Lomba tersebut digelar 2 kali dalam 1 tahun yaitu setiap bulan Pebruari dan Agustus antar RT yang terdiri dari 5 RT dalam 1 RW. Hal itu dilakukan  atas inisiatif dari pengurus mengadakan kegiatan lomba kebersihan dan keindahan,”tuturnya.  
    Lomba tersebut dinilai langsung oleh, Lurah Pagerkukuh, Purdianto beserta stafnya. Indikator dan skala nilai lomba kebersihan lingkungan tingkat RT antara lain lingkungan pemukiman terdiri dari sampah, sebaran dan fungsi pohon peneduh tempat sampah dan kebersihan MCK umum. Drainase terdiri dari sampah (gulma dan sedimen), fisik air dan aliran air. Jalan Lingkungan terdiri dari taman tepi jalan dan kebersihan jalan. Sarana penunjang keindahan lingkungan terdiri dari taman tepi jalan, toga/warung hidup, gapuro, lampu penerangan jalan dan pengecatan pagar atau fasilitas umum. Komposting, pengelolaan kompos skala rumah tangga.
    Setelah dilakukan penilaian, kemudian dilakukan evaluasi penentuan nominator lomba kebersihan, bagi RT yang juara akan di berikan piala bergilir dari Kelurahan Pagerkukuh.
    Dari hasil evaluasi secara umum banyak sisi positifnya, masyarakat bisa lebih berpartisipasi langsung terhadap program rutinitas yang selalu dilaksanakan semenjak 3 tahun yang lalu agar setiap warga bisa senantiasa mencintai lingkungannya, apresiasi dan antusiasme warga masyarakat terhadap lomba sebagian cukup bagus. “Hal – hal yang patut diapresiasi dalam penilaian yaitu untuk peningkatan secara fisik, bersih dan progress masyarakatnya bagus ada di Kp.Sidojoyo khususnya RW IV, kedepan direncanakan akan dibentuk kader kebersihan ditingkat RT dan RW untuk menggerakkan dan memberikan penyuluhan tentang budaya kebersihan dan lingkungan,” tutup Purdianto. (Red-HW99/Foto: Usy-Harian Wonosobo).


    • Default Comments
    • Facebook Comments

    1 komentar:

    1. keren sekali apa yang telah di prakarsai oleh warga kampung sidojoyo ini, semoga lomba kebersihan lingkungan yang telah di lakukan oleh warga kampung sidojoyo ini bisa berkesinambungan dan di contoh oleh warga kampung-kampung yang lain.
      terima kasih artikelnya.
      kampung inggris

      ReplyDelete

    Item Reviewed: Keren, Kampung Sidojoyo Gelar Lomba Kebersihan Lingkungan Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top