Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Saturday 27 February 2016

    Heboh, Umur Tari Dayak di Tugon Wonosobo Sudah 100 Tahun

    Rombongan tari dayak asal kampung Tugon, Desa Tlogo, Kecamatan Sukoharjo sedang menari, Sabtu (27/2).

    Wonosobo, Harian Wonosobo - Ratusan kesenian tradisional ada di Kabupaten Wonosobo. Tetapi, kesenian tradisional yang satu ini sangat menggemparkan. Yaitu, ada tari dayak asal kampung Tugon, Desa Tlogo, Kecamatan Sukoharjo. Tarian tersebut merupakan turun-temurun hingga saat ini tetap dilestarikan.
    Uniknya, hampir menyerupai orang-orang dayak. Para penari mengenakan pakaian ala dayak, lalu menari dengan gerakan mirip suku dayak.

    Tari dayak asal  Tugon, Desa Tlaga, Kecamatan Sukoharjo.

    Tak ada yang tahu asal usul tarian dayak di desanya. Tetapi, Sarmudi ketua Kesenian Tari Dayak mengatakan, tarian tersebut merupakan warisan dari saudaranya di Gemawang Kidul, Kecamatan Watumalang. "Setau saya, zaman dahulu tidak ada tarian ini. Tetapi, kedatangan saudara saya dari Gemawang, membuat warga Tugon tertarik untuk berlatih dan melestarikan tarian dayak," tuturnya disela-sela memainkan tarian dayak, Sabtu (27/8).
    Disebutkan, tari dayak yang ada di Tugon sudah hampir ratusan tahun. Karena, tari dayak turun temurun ke anak cucu. "Umurnya sudah 100 tahun. Karena, kami sendiri meneruskan perjalanan dari nenek moyang zaman dulu," tuturnya.(HW99-Eko S-Harianwonosobo).


    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Heboh, Umur Tari Dayak di Tugon Wonosobo Sudah 100 Tahun Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top