Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Monday 22 February 2016

    Pelajar SMA Negeri 2 Wonosobo Temukan 12 Inovasi Terbarukan

    Salah satu pelajar sedang menunjukkan hasil inovasinya, Senin (22/2/2016).
    Wonosobo, Harian Wonosobo - Kabar gembira datang dari pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Wonososbo. Mereka berhasil menyuguhkan pameran hasil karya yang bisa dimanfaatkan.

    Sedikitnya, ada 12 karya hasil ciptaan pelajar yang bisa disaksikan. Diantaranya, sparepart robotik, magic spoon, tempat Payung dan Sepatu Basah, Lilin hias pengusir nyamuk, pengaduk minuman serta inovasi lainnya.


    Perancang Sparepart Robotik Kelas XII Ira Wibowo mengatakan, awalnya merasa kesulitan untuk menentukan tema yang akan disajikan dalam gelar inovasi. Namun, setelah melakukan berbagai perbincangan, akhirnya ditemukan sebuah cara yakni dengan membuat robot dari sparepart.

    "Sebelumnya kami mengkonsep dengan beberapa referensi. Akhirnya, dengan kekompakan dibuatlah robot dari bahan sparepart," tuturnya di sela-sela pameran inovasi sekolah, Senin (22/2/2016).

    Menurutnya, peluang besar bernilai ekonomi bisa didapatkan dari sparepart yang sudah tidak bisa digunakan. Karena, sparepart tersebut bisa dijadikan robot.

    "Secara tidak langsung menjadi permainan yang digemari anak-anak," tuturnya.

    Ketua Panitia HUT dan Bulan Bahasa Aryo Dwi Laksono mengatakan, agenda ajang penampilan hasil karya pelajar merupakan program lomba dalam SMADA inovasi. "Setiap kelas menampilkan satu hasil inovasinya, mereka disuruh untuk memamerkan dan kemudian akan dinilai," tuturnya.


    Ia juga mengharapkan dengan adanya ajang inovasi ini, pelajar bisa mengembangkannya menjadi terobosan baru di dunia pendidikan. Karenan, inovasi yang sudah dibuat, bisa memiliki nilai manfaat yang sangat luas.

    "Kami ingin agar inovasi-inovasi ini bisa berkembang. Sehingga, bisa menemukan sesuaty yang bisa dimanfaatkan untuk khalayak," tutunya.

    Inovasi yang disajikan, kata Aryo dilarang untuk makanan. Karena, peserta harus bisa mengambil jenis inovasinya yang bukan berbahan dasar makanan. (Red-HW99/Foto: Mi-Harian Wonosobo).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pelajar SMA Negeri 2 Wonosobo Temukan 12 Inovasi Terbarukan Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top