Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Sunday 14 February 2016

    Tengah Jalan Sigedang Dipenuhi Genangan Air

    Tengah jalan Sigedang, Kecamatan Kejajar dipenuhi genangan air, Jumat (12/2/2016). 
    Kejajar, Harian Wonosobo  – Tengah jalan di Sigedang, Kecamatan Kejajar dipenuhi dengan genangan air. Hal itu disebabkan, karena saluran irigasi dipinggir jalan tersumbat dengan tumpukan kayu dan sampah.  Pantauan lokasi, sesaat setelah hujan lebat terlihat tengah jalan dipenuhi dengan genangan air. Pengendara roda dua dan roda empat cukup kesulitan, karena air yang meluber ke tengah jalan sangat besar dan menyulitkan pengendara.

    Warga sekitar juga berupaya untuk segera mengatasi sumbatan saluran, namun sulit diperbaiki. Lantaran, ada sebilah kayu dan tumpukan sampah ditengah-tengah saluran dengan debit air yang sangat besar.

    “Setelah hujan lebat, salurannya tersumbat. Kemudian, airnya meluber ke tengah jalan. Dan kami hendak memperbaiki, tetapi cukup kesulitan karena airnya sangat besar. Genangan ditengah jalan selalu terjadi ketika hujan lebat,” terang Edi warga Sigedang disela-sela memperbaiki drainase, Jumat (12/2/2016).

    Kejadian melubernya air saluran ke tengah jalan merupakan kesekian kali terjadi. Sebab, setiap hujan lebat, saluran sering tersumbat, air meluber ke tengah jalan. “Soale ditengah saluran ada satu kayu yang menyumbat terus sampahnya juga tertahan. Hingga akhirnya air tidak bisa masuk, karena kondisi salurannya sangat sempit,”Jelasnya.

    Disebutkan, lebar saluran tersebut hanya sekitar setengah meter dengan kedalaman satu meteran. Kemudian, debit air yang melalui saluran tersebut sangat besar karena dari saluran utama. Sehingga, ketika hujan lebat dan tersumbat maka secara  otomatis airnya meluber. “Sebenarnya sangat perlu dilebarkan, karena akan mempersulit pengguna jalan dan meresahkan warga sekitar. Karena, harus mengurusi sumbatan kayu di saluran,”Jelasnya.

    Senada warga Sigedang, Sutopo mengaku, melubernya air ke tengah jalan lebih dikarenakan warga membuang sampah sembarang. Sehingga, ketika hujan lebat,sampah dipinggir jalan terbawa air dan masuk ke dalam drainas. “Kalau sampahnya banyak, secara otomatis membendung saluran,”tuturnya.

    Menurutnya, luberan air ke tengah jalan jelas  menyulitkan pengguna jalan. Karena, air yang meluber ke tengah jalan sangat deras. “Sangat deras sekali, dan khawatir terjatuh. Karena, tengah jalan genangannya dengan kondisi jalan menanjak,”Jelasnya.

    Ia mengaku, tak berani untuk melalui jalan tersebut ketika berpapasan dengan kendaraan roda empat. Sebab, bisa terkena air. “Lebih baik mengalah ketika berpapasan. Supaya tidak terkena airnya,”Jelasnya.  (Red-HW99/Foto: Ja-Harian Wonosobo).

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tengah Jalan Sigedang Dipenuhi Genangan Air Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top