Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Friday 26 February 2016

    Wow, Batik Talunombo Tembus Pasar Singapura

    Perajin batik Talunombo sedang menujukkan batiknya, Jumat (26/2). 
    Wonosobo, Harian Wonosobo - Batik, bukan hanya diminati kalangan kelas borjuis saja, saat ini komoditas batik sudah menjadi kain tradisional pilihan utama untuk semua fashionable dari masyarakat  hingga pemerintahan.
    Kebanggaan pada kain batik tradisional Indonesia sangat beralasan karena saat ini banyak masyarakat yang sudah bertahun-tahun mengembangkan usaha batik  menjadi produk andalan hingga para wisatawan baik mancanegara maupun lokal terpukau.
    Di Wonosobo sendiri batik carica lestari Talunombo sudah mendunia hingga negeri Singapura sebagai oleh-oleh dan bingkisan, batik yang sudah menembus pasar luarnegeri akan terus dipertahankan kualitasnya.
    Alfiyah Eli, ketua sekaligus marketing produk mengatakan selain luar negeri,  beberapa pulau diluar Jawa juga sering memesan. "Baru-baru kami mengirim 135 pakaian batik ke wilayah Sulawesi" tuturnya, Jumat (26/2).
    Corak yang beraneka macam mulai dari corak daun suji, carica, maoni dan lain-lain membuat konsumen semakin menyukai, dari 100 motif yang dibuat, rata-rata konsumen lebih menyukai warna lembut dan  bercorak bunga kecil. Kreatifnya,  semua corak merupakan ide asli dari para anggotanya.
    Terlepas dari meningkatnya pesanan batik Talunombo, Eli mengungkapkan berbagai kendala yang dihadapi ketika memasarkan produk kain ataupun produk pakaian jadi. "Semua bahan harus kami beli di Pekalongan,  jarak yang cukup jauh memang membuat harga menjadi mahal, wajar jika masyarakat mempertanyakan hal itu,” ujarnya.

    Meski begitu, batik carica lestari tetap eksis dengan mengikuti berbagai pameran baik didalam dan diluar kota, selain itu usha mereka bahkan mampu berkontribusi dalam mengurangi jumlah pengangguran di Desa. Kini ada serapan 25 karyawan dari kalangan ibu-ibu rumah tangga yang telah cukup mahir membatik, mewarnai dan mendesain. (HW99-Usy Yudha Prasetya-Harianwonosobo)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Wow, Batik Talunombo Tembus Pasar Singapura Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top