Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Monday 22 February 2016

    10 Barongan Blora Ramaikan HUT Harian Jateng Network

    Sanggar Sardulo Krida Mustika saat latihan.
    Blora, Harian Wonosobo – Dalam rangka mengawali Hari Ulang Tahun (HUT) Harian Jateng Network ke 4 tahun 2016 yang akan digelar besuk 14 April 2016, kini HJN akan menggelar pesta rakyat dengan menyuguhkan pentas barong kesenian tradisional Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

    “Rencananya besuk Minggu 28 Februari 2016, itu kegiatan awal saja, tapi puncaknya tetap April,” ujar Sumardjan SPd M.MPd Ketua Panitia HUT HJN ke 4 di Blora, Senin (22/2/2016).

    Dalam HUT tahun ini, dijelaskan dia, akan mendapuk sanggar barong Sardulo Krida Mustika jebolan dari sanggar Dinindrajaya Blora.

    “Selain potong tumpeng dan makan-makan, rencananya nanti pentas barongan pada Minggu 28 Februari ini akan diramaikan dengan berbagai kesenian lain, seperti tari jaranan, gainah, untub nayantaka, gangsaran dan berbagai lagu khas Jawa yang diiringi karawitan,” beber dia.

    Sementara itu, pimpinan sanggar Sardulo Krida Mustika, Indra Bagus Kurniawan, mengatakan bahwa sedikitnya ada 10 barongan yang akan mementaskan di HUT Harian Jateng Network tersebut.

    “Biasanya kami cuma mementaskan lima barong, nah ini kami sudah menyiapkan sepuluh barong, bahkan nanti kalau jadi bisa lebih,” ungkap dia di sela-sela melatih anak-anak di sanggar Sardulo Krida Mustika tersebut. 

    Pihaknya juga mengatakan, bahwa pentas tersebut menjadi momentum tasyakuran pergantian nama sanggar yang ia pimpin. “Ini sekaligus tasyakuran, dulu sanggar Dinindrajaya, sekarang menjadi sanggar Sardulo Krida Mustika,” pungkas dia. (Red-HW99/Foto: Harian Wonosobo/HJN).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: 10 Barongan Blora Ramaikan HUT Harian Jateng Network Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top