Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Monday 8 February 2016

    Mengintip Pesantren Al Hayat Jlamprang Wonosobo yang Bersih dan ASRI

    Bapak Kyai Abdul Mutholib, Pengasuh Pondok Pesantren Al Hayat  Kelurahan Jlamprang, Wonosobo.
    Jlamprang, Harian Wonosobo - Bengkel Tralis di Kelurahan Jlamprang ada banyak, hamper sebagian besar warga berusaha di bidang trails, sejak diperkenalkan oleh mbah Inung , yang merupakan tokoh pelopor adanya trails di Kelurahan Jlamprang, namun ada yang luput dari pandangan, bahwa di Kelurahan ini ada Pondok Pesantren Bernama Al Hayat, yang didirikan oleh Mbah Kyai Sonhaji pada tahun 1960-an yang beraliran salaf.

    Saat ini Pesantren Al Hayat, diasuh oleh Bapak Kyai Abdul Mutholib, yang merupakan salah satu putra Bapak Kyai Sonhaji, dan programnya pun tidak hanya pengajian salaf saja, namun juga ada SMP AL HAYAT dan juga Madrasa Robaniyin.

    Ketika kami berbincang dengan Bapak Kyai Abdul Mutholib, berkaitan dengan pesantren, bahwa dunia pesantren harus lebih terbuka dan berwawasan luas, sehingga bisa untuk semakin mewarnai sendi kehidupan masyarakat dan bernegara.

    Atas peran dan kerjasama dengan pemerintah, melalui dinas Kesehatan, maka kini pesantren menjadi lebih bersih, jadi kesan pesantren kumuh sudah mulai terkikis

    “Ada salah piker calon santri, bahwa ketika ke pesantren, mereka pasti akan gudigen ( korengan ), ini yang salah sejak awal, karena ketika kita menjaga keberishan, baik diri sendiri maupun lingkungan pesantren, maka tidak akan ada gudigen lagi,“ beber dia. (Red-HW99/Foto: Harian Wonosobo).

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Mengintip Pesantren Al Hayat Jlamprang Wonosobo yang Bersih dan ASRI Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top