Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Friday 2 October 2015

    Tragedi G30S PKI, Karding: Negara Tak Perlu Minta Maaf

    Abdul Kadir Karding (tengah). Foto: Harian Wonosobo.
    Wonosobo, Harian Wonosobo - Anggota Komisi III DPRRI Asal Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, Abdul Kadir Karding mengatakan bahwa negara tidak perlu minta maaf atas tragedi G30 S/PKI, pasalnya peritiwa itu dilakukan oleh sekelompok orang.
    “Negara  meminta maaf atas tragedi itu salah, pelakunya sekelompok orang yang menggayang jendral yang berkuasa, itu pengkhianatan,” ungkapnya usai menghadiri sosialisasi empat pilar kebangsaan kemarin (1/10/2015)  di rumah makan sarirasa.

    Menurutnya, kedua belah pihak sama-sama salah sehingga langkah yang paling bijak harus ada proses saling memaafkan, namun pihaknya mengakui ada kekeliruan pada pemerintahan masa lalu, di mana anak-anak dari Partai Komunis Indonesia yang tidak bersalah, diperlakukan tidak adil  oleh pemerintah.

    “Pemerintah yang berkuasa setelah peristiwa itu memang salah, sebab mereka juga melakukan diskriminasi terhadap anak yang berasal dari keluarga atau orang tua PKI,” imbuhnya.

    Namun apabila  negara atau presiden saat ini diminta untuk meminta maaf, PKB dan NU tidak sepakat. Selaku wakil rakyat yang duduk di komisi hukum dan hak asai manuaisa, Karding mendorong agar semua pihak melakukan rekonsiliasi.

    “Bentuk rekonsiliasi macam-mcam, saya kira tinggal merumuskan, kita akan menfasilitasi,” imbuhnya.

    Anggota DPRRI asal Dapil VI Jateng itu menegaskan bahwa proses rekonsiliasi terus di proses oleh pemerintah dengan melibatkan berbagai pihak, bahkan Karding menyebut kondisi saat ini sebenarnya anak-anak dari korban peristiwa itu sudah saling memaafkan dan membentuk forum bersama bernama Forum Anak Bangsa.

    Jelang peringatan hari kesaktian pancasila, desakan sejumlah pihak yag meminta Presiden Jokowi untuk meminta maaf atas tragedi gestapo bergulir, isu tersebut kemudian menjadi polemik antara pihak yang mendukung dan menolak. (Red-HW44/Gus).

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tragedi G30S PKI, Karding: Negara Tak Perlu Minta Maaf Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top