Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Tuesday 6 October 2015

    Drainase Buruk, Sopir Persojo Wonosobo "Marah"

    Sopir yang turun benahi drainase.
    Wonosobo, Harian Wonosobo – Puluhan anggota pesatuan sopir angkutan Mojotengah (Pesojo) “marah” dan turun tangan mengatasi kondisi jalan sebelum kompleks SMP Al Madina yang digenangi air, Senin (5/10/2015).  Mereka berhasil menemukan pemicunya, yakni kondisi drainasi yang asal pasang membuat resapan keluar ke jalan.

    “Ternyata sumber masalah yang membuat jalan tergenangi air itu ada di drainase depan SMP Al Madina. Sebab, kondisi drainasenya sangat buruk, hanya ditumpangi pasir, sehinga resapan airnya keluar dan membuat jalan menjadi kumuh,” tutur Mufarihun anggota Persojo disela-sela memperbaiki saluran, Senin (5/10/2015). 

    Menurut Farihun, sudah hampir satu tahun kondisi jalan sebelum SMP Al Madina Wonosobo selalu dipenuhi dengan genangan air. Tetapi tidak ada upaya dari pemerintah untuk memperbaiki. Padahal, membuat pengguna jalan kesulitan. “Setelah ditelusuri, sumber genangan itu berasal dari resapan drainase yang ada didepan SMP Al Madina. Sebab, dibagian bawah senderan terdapat resapan air, oleh pemborong hanya dipasang diatas resapan. Hingga akhirnya, lambat laun air meluber ke jalan. Dan jalanan menjadi tergenangi air,” tuturnya. 

    Menurutnya, anggota persojo terpaksa turun tangan karena mengingat sebentar lagi memasuki musim penghujan. Sebab, jika tidak segera diperbaiki maka ketika hujan lebat jalan akan sulit dilalui. “Kami bersama-sama dengan sopir angkutan lainnya rela untuk memperbaiki. Supaya, ketika musim hujan sudah tidak kesulitan, sebab kalau dibiarkan saja tidak ada perhatian dari pemerintah,” katanya. 

    Sopir lainnya Salman mengaku, untuk mengurai masalah resapan air yang meluber ke tengah jalan maka akan dilakukan dengan cara menutup pondasi sendera yang membuat resapan air. Sebab, ditemukan resapan air itu bermula dari bawah pondasi drainase. “Drainasenya buruk, jadi membuat air meresap dan masuk ke tengah-tengah jalan,” katanya. 

    Direncanakan akan dibelikan pasir dan semen untuk kemudian dipasang di drainase. Proses pemasangana akan dibuat lebih tinggi, supaya air tidak meluber lagi ke jalan. “Untuk perbaikan itu murni swadaya langsung dari sopir angkutan. Kami iuran untuk membeli semen dan pasir, karena kalau dibiarkan saja akan membuat jalan semakin buruk,” katanya. (Red-HW44/Foto: Jamil/Harian Wonosobo).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Drainase Buruk, Sopir Persojo Wonosobo "Marah" Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top