Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Wednesday 7 October 2015

    DPRD Wonosobo Desak Pembangunan Pasar Induk Dipercepat

    Pendataan pedagang pasar induk Wonosobo, kemarin.
    Wonosobo, Harian Wonosobo – Keluhan yang dirasakan oleh para pedagang korban kebakaran pasar Induk Wonosobo membuat anggota dewan angkat bicara. Mereka menginginkan agar pemerintah daerah mempercepat proses pembangunan. Caranya, pemda harus dengan sigap dan cepat melakukan komunikasi ke pemerintah pusat.

    “Saya meminta agar pembangunan pasar harus segera dilaksanakan. Supaya kota segera tertata kembali dan para pedagang bisa berdagang denga nyaman. Jangan sampai kondisi transisi ini terlalu lama sehingga perekonomian masyarakat semakin lesu,” ungkap Suwondo Yudhistiro DPRD Kabupaten Wonosobo dikantornya, Rabu (7/10/2015). 

    Pihaknya juga mendesak kepada pemerintah atau pihak ketiga yang merencanakan desain pembangunan pasar untuk segera merampungkannya. Untuk itu, desain pasar dikonsultasikan kepada pemilik los atau kios.

    “Desainnya harus segera diselesaikan dan dikonsultasikan para pemilik los atau kios yang menjadi korban kebakaran, “katanya.

    Untuk itu, pemerintah daerah dengan cepat melakukan komunikasi kepada pemerintah pusat. Sebab, jika mengandalkan APBD Kabupaten maka tidak mencukupi. “Pemda juga harus segera  melakukan lobi ke Pemerintah Pusat dan Propinsi untuk meminta tambahan anggaran mengingat anggaran yang ada blm bisa mencukupi,” tuturnya. 

    Suwondo mengaku, pemerintah sudah melakukan berbagai upaya. Sayang, upaya yang dilakukan belum maksimal. “Saya kira Pemda sudah berupaya tetapi belum optimal sehingga proses masih terkatung-katung, memang mengurusi pasar itu persoalannya sangat kompleks sehingga harus hati-hati,” katanya.

    Ia juga tak mempermasalahkan proses pendataan ulang. Karena, untuk mengetahui akurasi data. “Pendataan ulang pedagang saya sangat setuju supaya diperoleh akurasi data pedagang yg memiliki los, Sehingga jangan sampai yang memiliki los tidak dapat los dan yang dapat justru para pedagang tiban yang baru mulai dagang sejak peristiwa terbakarnya pasar,” tuturnya.

    Rofik Aziz Anggota DPRD dari Partai Demokrat mengharapkan, agar desain pembangunan pasar agar mengacu konsep pasar modern dg los-los yang tertata dengan baik, meskipun pasar tradisional tetapi bisa rapi, tidak semprawut sehingga masyarakat mau berbelanja juga merasa nyaman, disamping itu pembangunan pasar juga harus didesain supaya tdk mudah terjadi kebakaran lg dengan penataan jaringan listrik yg bagus.

    “Adanya sistem pengamanan yang bagus serta dilengkapi kamera CC TV untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi. Saya berharap kebakaran tahun lalu adalah kebakaran pasar yg terakhir sehingga para pedagang tidak merasa waswas lagi untuk berdagang di pasar induk,” tuturnya. (Red-HW33/Foto: Harian Wonosobo).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: DPRD Wonosobo Desak Pembangunan Pasar Induk Dipercepat Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top