Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Wednesday 14 October 2015

    Haflah Al Asy’ariyah Jadi Wisata Religi Wonosobo

    Marching ban dalam Haflah Al Asy'ariyah Wonosobo.
    Wonosobo, Harian Wonosobo – Warga Kalibeber, Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo menjadikan momentum haflah khotmil quran PPTQ Al Asy’ariyah ke 38 dan haul Almaghfirullah simbah KH Muntaha Alh ke 11 sebagia wisata religi.

    Untuk itu, warga mengemasnya dengan menyuguhkan berbagai kesenian tradisional untuk dinikmati pengunjung.

    “Momentum Haflah Khotmil Quran PPTQ Al Asyariyah ini dapat dijadikan sebagai ajang silaturahmi, promosi dan merupakan wisata religi. Oleh karena itu, perlu dikemas secara apik agar masyarakat, pengunjung dari berbagai daerah merasakan betul perayaan ini dalam suasana kebersamaan, kenyamanan, dan kedamaian dikota santrinya Wonosobo,” tutur ketua panitia parade pentas kesenian Kalibeber, H. Mustangin di sela-sela persiapan, Rabu (14/10/2015).

    Untuk itu, masyarakat Kalibeber berupaya memberikan pelayanan kepada tamu-tamu yang hadir untuk mengikuti HKQ PPTQ Al Asyariyah dengan berbagai hal sebagimana tradisi yang telah berlangsung di Kalibeber. Salah satu wujud kebahagiaan dan persembahan warga Kalibeber dalam menyambut tamu, maka parade pentas kesenian akan meramaikannya.

    “Ada beberapa kesenian tradisioanal yang akan meramaikan haflah tahun ini,”tuturnya.

    Disebutkan, kesenian tradisional itu akan dilaksanakan sebelum haflah dimulai. Karena, proses pentas kesenian tradisional dilaksanakan sejak 14 Oktober 2015 sampai 21 Oktober 2015.

    “Selama tujuh hari akan digelar parade kesenian tradisional. Mulai dari kuda lumping, calung, lengger, simtudduror, rodad serta musik akustik dan karnaval santri,” katanya.

    Untuk memlaui parade kesenian itu, warga Kalibeber menyuguhkan pembukaan dengan dimeriahkan marching band Pemda Wonosobo. Mereka mengelilingi wilayah Kalibeber, kemudian melakukan pentas marching band di pelataran pondok.

    “Mulai hari ini dibuka dengan marching band Pemda Wonosobo,” tuturnya.

    Sekretaris Panitia Parade Pentas Kesenian Kalibeber, Latu Menur Cahyadi mengatakan, parade kesenian ini dogelar rutin setiap satu tahun sekali. Karena, setiap HKQ PPTQ Al Asyariyah warga Kalibeber dengan kompak ikut meramaikannya. Salahs satunya dengan memeriahkan parade kesenian.

    “Kegiatan ini sudha menjadi program kerja Kelurahan Kalibeber yang tertuaang dalam RPKK tahun 2015. Selain itu, juga hasil musyawarah tokoh masyarakat, tokoh agama, ketua RW se Kelurahan Kalibeber,” jelasnya. (Red-HW33/Foto: Jam/Harian Wonosobo).

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Haflah Al Asy’ariyah Jadi Wisata Religi Wonosobo Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top