Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Sunday 17 January 2016

    Mirip Tregedi Sarina, Harga Sayur di Wonosobo Ikut Meledak

    Petani asal Serang, Kecamatan Kejajar sedang membasuk wortel dirumahnya,
    Wonosobo, Harian Wonosobo  – Tragedi peledakan di Jakarta ternyata membawa dampak tersendiri bagi para petani. Karena, satu hari setelah tragedi peledakan, harga sayuran langsung terjun bebas.

    Padahal, beberapa hari yang lalu, harga sayuran terus melejit. Seperti halnya, sayur kubis yang sempat naik dikisaran Rp6ribu perkilogramnya, kini hanya laku Rp1500 perkilogramnya. Semnetara itu, sayur bentul, sawi putih hanya laku Rp800 perkilogramnya.

    Tuyono tengkulak sayur asal Gesing, Kecamatan Garung mengatakan, sejak dua hari ini harga sayuran mengalami penurunan yang sangat drastis. Penurunan itu tidak stabil, karena turunnya harga sayur langsung spontan murah. “Pada dua hari yang lalu saya masih membeli Kubis Rp6ribu perkilogramnya, tetapi barangnya tidak laku. Akhirnya, harga sayur turun drastis dikisaran Rp1500 perkilogramnya,”tuturnya.

    Ia menduga, turunnya harga sayuran secara spontan ini karena dampak ledakan. Sehingga, rupiah kembali terpuruk, secara otomatis harga sayuran turun bebas. “Sekarang rupiah mulai kembali tidak stabil, tergoncang ledakan. Bisa saja, membuat harga yang dihasilkan petani terjun bebas. Sementara, harga bahan yang dari luar negeri semakin mahal,”jelasnya.

    Menurutnya, penurunan harga itu biasanya secara bertahap. Artinya, dari sayuran kubis yang Rp6ribu, pelahan menjadi Rp5 ribu, baru setelah  jangka waktu lama harganya semakin kecil. “Baru kali ini harganya langsung turun dan kasian sekali petaninya,”tuturnya.

    Senada dengan tengkulak lainnya, Sabar yang mengaku, tidak hanya sayuran kubis, namun hampir semua jenis sayuran mengalami penurunan. Seperti halnya sayur loncang yang beberapa hari sempat tembus Rp10ribu. “Sekarang loncang hanya laku Rp6ribu perkilogramnya, padahal barangnya juga masih stabil dan tidak terlalu banyak,”katanya.  

    Ia tidak mengetahui secara pasti turunnya harga sayur secara spontan. Namun, berharap agar pemerintah bisa hadir dan menstabilkan harga. “Masak spontan langsung turun, kami petani yang merasa khawatir, karena tidak ada perlindungan untuk harga,”tuturnya. (Red-HW99/Foto: Mil-Harian Wonosobo).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Mirip Tregedi Sarina, Harga Sayur di Wonosobo Ikut Meledak Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top