Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Friday 29 January 2016

    Asyik, Tiap RT di Wonosobo Akan Diberi Kambing

    Kepala Desa Manggis, Kecamatan Leksono sedang memberikan pemaparan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes), Senin (25/1/2016).
    Manggis, Harian Wonosobo – Pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Desa Manggis, Kecamatan Leksono, Kabupaten Wonosobo, Wonosobo berjalan lancar dan dipenuhi dengan masukan-masukan yang memberikan kontirbusi untuk kemajuan desa. Apalagi ada rencana setiap RT akan diberi kambing untuk dikembangkan sebagai upaya penguatan lembaga pemerintahan desa.

    Kepala Desa Manggis, Kecamatan Leksono, Suyanto menginginkan agar lembaga pemerintahan desa berupa RT mulai diperhatikan. Sebab, mereka merupakan komponen dalam pemerintahan yang memiliki tugas besar.

    “Karena fungsinya RT itu sangat besar, untuk memberikan pelayanan di rukun warganya. Oleh karena itu, tahun ini kita rencanakan agar setiap RT bisa mengembangkan kambing,”tuturnya kepada puluhan peserta Musrenbangdes di balai desa Manggis, Senin (25/1/2016).

    Suyanto juga meminta, apabila program pemberdayaan tersbut bisa direalisasikan. Maka RT harus bisa mengembangkannya, agar menjadi modal untuk pengembangan di RT.

    “Setidaknya bisa dijadikan sebagai bekal untuk pengembanga RT. Karena, dengan adanya stimulan kambing, maka memiliki kegiatan yang bisa dikembangkan,”tuturnya.

    Ia juga menyampaikan, penyaluran dana desa juga mulai melirik sektor pemberdayaan. Meskipun, sektor pembangunan tidak di kesampingkan. 

    “Beberapa sektor sangat penting, seperti halnya pemberdayaan juga menjadi tugas penting,”tuturnya.

    Pelaksanaan Musrenbangdes Manggis terbilang aktif, karena cukup banyak masukan-masukan yang disampaikan oleh perwakilan dari dusun. Mereka memberikan masukan terkait agenda yang perlu dilakukan atau yang perlu ditunda.

    Peserta yang hadir dalam Musrenbangdes Manggis, meliputi kelompok pemuda, kelompok tani, BPD, LKMD, perwakilan RT, kelompok perempuan, PKK, bidan desa, tokoh agama, serta berbagai komponen lainnya. Musrenbangdes yang dipandu oleh Sekretaris Desa Manggis itu menghasilkan beberapa keputusan yang sesuai dengan prioritas kebutuhan desa. Semua program yang diusulkan disesuaikan sumber dananya.


    “Ada sebagian yang bersumber dari Dana Desa, APBD I, APBD II serta APBN. Tergantung dengan besar kecilnya, atau yang menjadi wewenangnya,”tuturnya.

    Kasie Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Leksono, Edi Santoso mengapresiasi dengana adanya rencana yang dilontarkan kepala desa Manggis. Karena, memiliki keinginan untuk menguatkan kelembagaan pemerintahan desa. 

    “Program tersebut sangat bagus, karena RT akan lebih berdaya dengan modal pengembangan kambing,”tuturnya. (Red-HW99/Foto: Fat-Harian Wonosobo).

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Asyik, Tiap RT di Wonosobo Akan Diberi Kambing Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top