Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Thursday 7 January 2016

    Bahaya, Kabel Listrik di Bungangan Wonosobo Disaingi Pohon Palem

    Pohon palem dipinggir jalan Bugangan sangat dekat dengan kabel listrik, Rabu (6/1/2016). 
    Wonosobo, Harian Wonosobo – Beberapa pohon palem yang ditanam dipinggir jalan bundaran Bugangan sangat membahayakan. Bila dibiarkan, pohon tersebut akan tersengat listrik, karena jarak daun pohon palem dengan kabel listrik yang tak terbungkus hanya setengah meter.

    “Aneh sekali, masak pohon palemnya yang baru ditanam didekatkan dengan kabel listrik. Itu sangat membahayakan, harusnya dipikirkan dulu, sebelum memasang,” tutur Eko pemilik ruko disekitar lokasi, Rabu (6/1/2016).

    Menurutnya, pohon palem tersebut baru ditanam beberapa hari dipinggir jalan bundaran Bugangan. Namun, lokasi yang digunakan untuk menanam berdekatan dengan kabel listrik yang tidak terbungkus. Kondisi itu sangat membahayakan, apalagi dekat dengan pohon palem ada tiang listrik yang terpasang dinamo.

    “Sebenarnya sejak awal saya sudah kaget, menanam pohon palem dekat sekali dengan kabel listrik. Lambat laun kalau pohonnya tumbuh besar, bisa terkena sengatan listrik, karena jarak dengan kabelnya sangat dekat,”tuturnya.

    Menurutnya, dalam menanam tidak memperhatikan aspek keamanan. Karena, pohon yang ditanam ukurannya sudah cukup besar, sementara lokasi kabelnya juga sudah sangat dekat.

    “Harusnya sebelum memasang itu memperhatikan dulu lokasi disekitar. Apakah membahayakan atau tidak, sebab kalau sudah jelas membahayakan, jangan dipaksakan. Bisa saja memakan korban, karena pohonnya sangat dekat dengan kabel listrik,”jelasnya.

    Ia menduga ada miss komunikasi dengan pihak PLN. Artinya, ketika memanam pohon palem, tidak melakukan kordinasi dengan PLN. “Tampaknya asal tanam saja, karena sudah jelas-jelas ada kabel yang memiliki daya listrik, dipaksakan ditanam,”jelasnya.

    Pengguna jalan asal Dero Ngisor, Madi juga mengaku kaget melihat pohon palem yang baru beberapa hari ditanam. Sebab, pada bagian pelepahnya dekat sekali dengan kabel listrik.

    “Terlalu berani dalam menanam pohon palem, padahal kabelnya sudah sangat dekat, dan kabel itu ada aliran listriknya,” jelasya.

    Sebelum terlambat, alangkah baiknya tanaman palem tersebut dipindahkan. Sebab, jika tidak dipindah, maka bisa terjadi konslet.  “Belum terlambat, kalau mau mencabutnya, karena baru beberapa hari ditanam,”katanya.  (Red-HW99/Foto:Mi-Harian Wonosobo).

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bahaya, Kabel Listrik di Bungangan Wonosobo Disaingi Pohon Palem Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top