Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Friday 29 January 2016

    Homestay Kawasan Dieng Perlu Dirawat, Pelajar Pelepornya!

    Pelajar sedang diajari belajar Bahasa Ingris. 
    Wonosobo, Harian Wonosobo – Penginapan, hotel atau homestay di kawasan wisata Dieng Wonosobo perlu dirawat. Sebab, pesatnya perkembangan pariwisata di Dieng meningkat drastis, semua aspek ekonomi dan gaya hidup masyarakatnya berubah dari yang awalnnya  95% petani kentang, kini tumbuh subur penjual jajanan oleh-oleh khas Dieng serta pengusaha penginapan (homestay).

    Namun perubahan ini belum diimbangi dengan berkembangnya pendidikan dan pola pikir masyarakatnya tentang lingkungan. Hal itu dibuktikan dengan masih banyaknya sampah yang bertumpukan di pinggir jalan sebagai tempat pembuangan akhir tanpa pengelolaan.

    “Siswa-Siswi  SMPN2 Kejajar  kami didik supaya peka terhadap lingkungan dan siap terhadap pesatnya  perkembangan wisata di Dieng, dimulai dari kegiatan jurnalistik sekolah  serta menerbitkan majalah sekolah “Nuansa Langit” yang mempunyai tiga bahasa yaitu bahasa Indonesia, bahasa Jawa dan Bahasa Inggris,” terang Kepala Sekolah SMPN 2 Kejajar Ngazam.

    Menurutnya, dengan dibekali kepekaan terhadap lingkungan, maka peserta didik akan mampu memiliki kesadaran untuk peduli terhadap sampah. Sebab, kepedulian terhadap sampah bisa muncul, ketika peserta didik sudah dibekali dengan pendidikan.

    “Kami membekali mereka, supaya mereka peduli terhadap lingkungan. Karena, semakin banyaknya wisatawan, maka secara otomatis sampah akan semakin banyak,”tuturnya.

    Disebutkan pula, pembekalan bahasa Ingris kepada peserta didik, merupakan upaya untuk memberikan pembekalan kepada peserta didik agar bisa berkomunikasi dengan wisatawan. Karena, mereka bisa mempelajari apa yang dinginkan oleh wisatawan.

    “Kami bekali mereka bahasa, supaya mereka mampu berkomunikasi dengan wisatawan. Sebab, cukup banyak wisatawan asing yang berkunjung ke dieng,”tuturnya.

    Berlahan namun pasti kegiatan jurnalistik yang sudah menerbitkan dua edisi dalam tiga semester ini mulai berdampak, siswa-siswi SMPN2 Kejajar berinisiattif untuk mencari data dan mengapresisaikan kemampuan mereka melalui kegiatan jurnalistik  dengan mendatangi kades dan kadus tempat tinggal mereka untuk mencari informasi tentang  pengelolaan sampah  di desa masing-masing.(Red-HW99/Foto: Mi-Harian Wonosobo).

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Homestay Kawasan Dieng Perlu Dirawat, Pelajar Pelepornya! Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top