Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Monday 25 January 2016

    Kunci Pemerintahan Wonosobo Maju adalah Pendampingan

    PJ Bupati Wonosobo, Satrio Hidayat sedang memberi arahan kepada pendamping desa di rumah makan Sindoro Sumbing, kemarin. 
    Wonosobo, Harian Wonosobo - Kunci Pemerintah baik adalah pimpinan melakukan pendampingan. Caranya, turun langsung mengetahui persoalan serta kebutuhan masyarakat. Hal itu diungkapkan PJ Bupati Wonosobo, Satrio Hidayat kepada pendamping desa dirumah makan Sindoro Sumbing, kemarin.

    Selain pendampingan, untuk mewujudkan pemerintahan yang baik juga dibutuhkan komunikasi. Karena, komunikasi bisa mengantarkan pada penyelesaian masalah.

    "Komunikasi juga sangat diperlukan, karena komunikasi yang baik, calon masalah bisa kita selesaikan. Tetapi, ketika komunikasinya tidak baik maka akan kesulitan untuk menyelesaikan permasalahan," tuturnya.

    Menurutnya, sesuai surat gubernur nomor 411/2/000821 yang berisi tentang pengendalian pelestarian aset PNPM, agar PD didayagunakan untuk melakukan pembinaan dan pengendalian kelembagaan masyarakat dalam pengelolaan aset dana bergulir.

    “Program PNPM di Jawa Tengah telah berahir pada tahun 2015 dengan telah berhasil membangun aset dana bergulir, kelembagaan dan infrastruktur yang samapai saat ini masih dirasakan manfaatnya bagi masyarakat terutama rumah tangga miskin. Untuk itu, semua aset tersebut agar tetap dilestarikan, dimanfaatkan dan dikembangkan bagi kesejahteraan masyarakat,”tuturnya.

    Pihaknya juga menyampaikan, awal tahun ini, agenda yang akan dilakukan oleh desa adalah agenda musrenbangdes. Hal itu dilakukan dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2017.

    “Musrenbang itu merupakan forum untuk menghasilkan kesepakatan antar pelaku pembangunan tentang rancangan RKPD 2017 yang menitikberatkan pada pembahasan untuk sinkronisasi program pemerintah daerah dan masyarakat dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan. Untuk itu, pendamping desa bisa mendampingi proses musrenbangdes yang akan segera digelar,”tuturnya.

    Disebutkan, musrenbang desa atau kelurahan akan dilaksanakan pada Minggu III dan IV bulan Januari 2016. Musrengbang Kecamatan dilaksanakan paling lambat minggu III bulan Februari tahun 2016.

    “Selanjutnya musrengbang Kabupaten dilaksanakan paling lambat minggu III bulan Maret 2016,” jelasnya.

    Menurutnya, seluruh pelaksanaan musrengbang Desa, Kecamatan dan Kabupaten se Jawa Tengah akan didokumentasikan dan di input ke dalam sistem e-Musrengbang. Hal itu berdasarkan surat edaran Gubernur Jawa Tengah nomor 050/23584 tanggal 18 Desember 2015. (Red-HW99/Foto: Mi-Harian Wonosobo).

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kunci Pemerintahan Wonosobo Maju adalah Pendampingan Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top