Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Friday 1 January 2016

    Benar-benar Aneh, Pohon Sawo di Wonosobo Berbuah Cibiran

    Puluhan pohon sawo yang ditanam didalam kotak sepanjang sudut kota daunnya kering dan mulai mati, Rabu (30/12/2015).  
    Wonosobo, Harian Wonosobo  –  Paska dibangunnya trotoar diatas sungai yang berada di area perkotaan, puluhan pohon sawo yang ditanam di dalam kotak ditata rapi diatas trotoar secara berjajar. Musti baru beberapa bulan, pohon sawo tersebut sudah berbuah cibiran. Karena, pejalan kaki bisa menyaksikan sendiri puluhan pohon sawo yang daunnya kering dan mulai terlihat tanda-tanda kematian.

    Pejalan kaki asal Kauman, Anji mengaku, setelah sungai diarea perkotaan dibangun trotoar pejalan kaki bisa leluasa saat berjalan kaki. Apalagi dipinggir-pinggir trotoar sudah terpasang rapi pohon sawo. Akan tetapi, bukannya memberikan daya tarik bagi yang memandangnya, justru membuat enggan untuk melihatnya. Karena, daunya mulai kering dan terlihat mulai mati.

    “Awalnya kondisi daun sawonya hijau dan cukup bagus. Tetapi, lama kelamaaan malah mulai kering. Hanya sebagian saja, yang kondisi daunnya masih hijau, lainnya sudah banyak yang kering dan tak bernyawa,” tuturnya di sela-sela melalui jalan tersebut, Rabu (30/12/2015).
     
    Tak sedikit pejalan kaki yang menyayangkan, karena sebelumnya kondisi jalan tersebut lebat dengan pohon besar. Namun, setelah pohon dibabat habis, kemudian dibuat trotoar dan ditanami buah sawo.

    “Sebagian besar yang daunnya kering masih terikat rafia, karena rafia yang dikenakan untuk mengingat tidak dilepaskan. Harusnya dilepaskan, supaya daunnya bisa bebas dan tidak diikat,” tuturnya.

    Senada dengan pejalan kaki lainnya, Misbah yang mengaku, awalnya merasa senang karena pohon sawo berjajar disepanjang trotoar. Namun, lambat laun terlihat tidak terawat, hingga akhirnya daunnya kering.

    “Dulu sempat berpikiran, kalau sudah berbuah, jalan-jalan bisa petik buahnya. Tetapi, hanya sebagian saja yang daunnya masih hijau. Lainnya sudah kering kerontang,”tuturnya.

    Misbah sempat kaget, karena baru ditanam beberapa bulan sudah berbuah lebat. Sebab, semuanya terlihat berwarna coklat.

    “Saya itu sempat kaget, karena mengira baru beberapa bulan ditanam sudah berbuah lebat. Ternyata, warna coklat lebat itu adalah daunnya yang sudah mengering,” katanya kepada Harian Wonosobo.

    Ia juga mengharapkan, agar setelah ditanam jangan dibiarkan. Tetapi ada upaya untuk memeliharanya, supaya pertumbuhannya bisa bagus. “Menanam itu mudah, tetapi memeliharanya yang sangat sulit,”tuturnya. (Red-HS99/Foto: Mi/Harian Wonosobo).

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Benar-benar Aneh, Pohon Sawo di Wonosobo Berbuah Cibiran Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top