Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Saturday 5 March 2016

    Inilah Wisata Religi Syekh Qothbudin di Candirejo Mojotengah

    Puluhan pelajar sedang ziarah dimakam syekh Qothbudin. 
    Wonosobo, Harian Wonosobo - Wonosobo merupakan daerah yang penuh dengan peninggalan sejarah. Seperti halnya, Desa Candirejo, Kecamatan Mojotengah yang terdapat sebuah wisata religi. Wisata religi tersebut berupa makam kuno yang diduga adalah tempat bersemayamnya syekh Abdullah Qothbudin. Beliau diduga merupakan warga Iran pembawa aliran thariqah naqsabandiyah pertama ke tanah Jawa.
    Makam Syekh Qothbudin di Candirejo, Kecamatan Mojotengah.

    Pada awalnya warga tidak tahu jika makam tersebut adalah makam tokoh besar. Namun, setelah kedatangan KH. Abdurahman Wahid pa , 1994, makam tersebut mulai dikenal. Sejak dikunjungi Gus Dur itul Makam yang diduga tokoh besar tersebut mulai ramai dikunjungi peziarah.
    Jalan menuju makam syekh qothbudin
    Untuk bisa menuju ke makam Syekh Qothbudin, pengunjung harus berjalan melewati jalan terjal. Karena, akses jalan menuju makam masih cukup memprihatinkan. Kondisinya masih rolak dengan penuh cekungan.
    Gapuro masuk makam Syekh Qothbudin. 
    Namun, untuk lokasi makam sudah dIrehab. Memasuki makam, maka akan langsung diperlihatkan dengan sebuah gapuro. Gapuro tersebut menyerupai meniatur candi. Hanya saja, makam yang sudah dipugar tersebut, ketika hujan, pengunjung masih tetap kehujanan. Karena, pembangunannya terbilang belum ramah terhadap pengunjung. Karena, pengunjung masih tetap terkena hujan.
    Puluhan pelajar yang hendak ziarah ke makam Syekh qotbudin harus melalui jalan rolak yang terjal dan penuh cekungan. 
    Tokoh Pemuda Candirejo, Afif Mustofa mengatakan, makam tersebut sering sekali diziarahi oleh berbagai kalangan. Pengunjungnya bervariasi, mereka datang dari Wonosobo, luar Wonosobo bahkan luar Jawa. "Sebagian pengunjung hendak mendoakan dan melihat langsung kondisi makamnya," tuturnya.
    Pihaknya mengharapkan, agar akses jalan menuju makam diperbaiki. Sehingga, pengunjung bisa dengan mudah menuju kompleks makam. "Untuk penerangannya sudah diperbaiki. Dan sampai makam sudah terang, hanya saja untuk kondisi jalan menuju makam yang masih sulit untuk dilalui,"tuturnya. (HW/99/Usy Yudha P/Harian Wonosobo).



    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Inilah Wisata Religi Syekh Qothbudin di Candirejo Mojotengah Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top