Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Saturday 5 March 2016

    Belum Ada Solusi Tangani Sampah

    Pengelola sampah sedang menunjukkan tumpukan sampah di TPS Kelurahan Kalikajar. 
    Wonosobo, Harian Wonosobo - Volume sampah di Kelurahan Kalikajar semakin hari semakin meningkat. Namun, belum ada solusi untuk menanganinya. Butuh kehadiran remaja, masyarakat atau tenaga ahli sampah untuk mengurai persoalan tersebut.
    Lurah Kalikajar, Wilis Puji Astuti mengatakan, volume sampah yang ada di Kelurahan Kalikajar sangat tinggi. Sebab, setiap harinya hampir 4 viar yang diangkut ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS). "Satu hari itu bisa sampai empat viar. Itu dari 12 RW dan 41 RT yang ada di Kelurahan Kalikajar" tuturnya.
    Dengan adanya jumlah sampah yang besar itulah membuah TPS semakiin hari semakin menumpuk. Sementara, belum ada solusi yang tepat untuk menanganinya. "Pekerjaan yang paling rumit adalah penanganan sampah. Karena, setiap hari volume sampah semakin meningkat. Lambat laun TPS akan dipenuhi dengan sampah," tuturnya.
    Pihaknya juga sudah pernah menggerakkan warga untuk mengelola sampah menjadi barang guna. Namun, hanya bertahan beberapa bulan saja. "Sudah pernah ada sekitar 20 kader pengolah sampah. Tetapi, hanya bertahan beberapa bulan saja," tuturnya.
    Pihaknya mengharapkan, agar ada masyarakat yang memiliki keahlian untuk mengolah sampah. Kemudian, untuk hasilnya akan diberikan kepada pengelolanya. "Apabila bisa dikelola dengan baik, dan mampu menghasilkan uang. Silahkan, uangnya dikelola sendiri, yang penting sampah tidak menumpuk di TPS. Sehingga, tidak membuat warga sekitar terganggu dan akan menciptakan kesehatan dan kenyamanan bebas dari sampah," jelasnya. (HW/99/Usy Yudha/HarianWonosobo).

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Belum Ada Solusi Tangani Sampah Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top