Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Wednesday 2 September 2015

    Harga Sapi Jelang Idul Adha di Wonosobo

    Wonosobo, Harian Wonoso – Para pedagang sapi potong serta sapi penggemukan memprediksi kenaikan  penjualan sapi akan terjadi tiga minggu jelang idul adha. Sebab, sampai saat ini penjualan sapi potong di pasar sapen masih stabil. Bahkan, ada pengurangan jumlah pembeli sapi untuk digemukkan.

    “Jumlah petani yang hendak membeli sapi untuk dipelihara dan digemukkan sangat sedikit. Sebab, saat ini musimnya adalah banyak sekali peternak yang menjual sapinya untuk dijadikan hewan qurban,” ungkap Jono penjual sapi asal Binangun, Watumalang, disela-sela berjualan sapi di pasar sapen, kemarin. 

    Menurutnya, selama berjualan di pasar sapen, tak satupun sapi yang terjual. Padahal, dari rumah membawa sekitar 4 bakal sapi. Namun, belum ada satupun yang terjual, akhirnya dibawa pulang kembali. “Kalau sapi bakal itu biasanya lakunya setelah lebaran idul adha, karena saat ini kebanyakan petanimencari sapi potong yang sudah cukup gemuk,” katanya.


    Menurutnya, paska lebaran idul adha, biasanya akan mengalami lonjakan penjualan sapi bakal. Sebab, petani sudah menjual sapinya untuk diqurbankan. Kemudian, akan membeli lagi  untuk dipelihara dan dijual lebaran qurban ditahun berikutanya. “Sudah menjadi kebiasaan peternak itu, akan membeli sapi bakal setelah dua atau tiga minggu setelah lebaran,” katanya. 

    Senada dengan pedagang sapi asal Kleyang Gunung, Desa Pungangan, Diono yang mengaku, saat ini sudah cukup banyak warga yang memsan sapi untuk dijadikan hewan qurban. “Sudah ada puluhan sapi yang terjual, dan kebanyakan warga langsung mencari sapi ke desa-desa,” tuturnya. 

    Menurutnya, hampir sebagian besar warga yang hendak mencari hewan qurban langsung datang ke desa-desa. Sebab, meraka bisa langsung memilih sapi qurban sesuai dengan harga. “Justru saat ini, pembeli hewan qurban langsung datang ke desa-desa. Mereka merasa bisa leluasa untuk memilih hewan qurbannya,” tuturnya. 

    Disebutkan, untuk harga hewan qurban sesuai dengan ukurannya. Sebab, harga hewan qurban itu bervariasi, tergantung dengan besar kecilnya. “Ada yang pesan dengan harga Rp12juta, dan ada juga yang dengan harga Rp15juta. Tergantung dengan kemampuan dan minat pembelinya saja,” katanya.

    Disebutkan, selama idul adha biasanya mampu menjual hewan qurban mencapai 40 ekor. Sebab, sudah memiliki pelanggan yang merasa cocok dengannya.  “Biasanya selama idul adha mampu menjual 40 ekor sapi,” tuturnya. (Red-HW11/Foto: Harian Wonosobo).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Harga Sapi Jelang Idul Adha di Wonosobo Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top