Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Sunday 27 September 2015

    Sosialisasi Pilkada Wonosobo 2015 Didampingi Tarian Lengger

    Pentas lengger
    Wonosobo, Harian Wonosobo – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Wonosobo mengelar sosialisasi pemilihan bupati dan wakil bupati Wonosobo di desa Wonosari, Kecamatan Wonosobo, Sabtu (26/9/2015). Model sosialisasi dibuat sedikit beda, karena untuk menarik perhatian warga, panitia mendatangkan hiburan tari lengger.

    “Sesuai dengan petunjuk KPU, kami menggelar sosialisasi dengan mendatangkan tarian lengger dan kuda kepang. Karena, dengan adanya penampilan kesenian tradisional itu mampu menarik pengunjung,” tutur Arum Puspitasari, Devisi Sosialisasi PPK Kecamatan Wonosobo disela-sela sosialisasi, Sabtu (27/9/2015).

    Model sosialisasi yang dikemas dengan mendatangkan pertunjukan itu dimaksudkan supaya sosialisasi lebih mengena. Sehingga, partisipasi masyarakat untuk ikut dalam acara sosialisasi semakin banyak. “Kami ingin agar peserta yang ikut dalam sosialisasi itu memahami apa yang kami sampaikan. Supaya, dalam proses pemilihan bisa memahami tata cara pemilihan dan nama-nama calon yang akan maju dalam pilkada,”tuturnya.

    Alhasil, dengan adanya pertunjukan lengger itu ada sebanyak 300 peserta yang hadir. Mereka dari berbagai kalangan yang ada di desa Wonosari. “Bahkan ada desa tetangga, seperti halnya warga Sariyoso, Jlamprang, Kramatan dan  Tlogojati. Mereka terpikat dengan adanya tarian lengger,” tuturnya. 

    Model sosialisasi, dilakukan dengan cara  disela-sela pertunjukan panitia memanfaatkan waktu untuk melakukan sosialisasi. Sebab, acara yang dimulai sejak pukul 14.00 dan berakhir pada dini hari. “Nah pada puncak acara dan pesertanya sangat banyak, maka kami melakukan sosialisasi pada pukul 21.00,” tuturnya.

    Pada pertunjukan agenda sosialisasi itu, tarian kuda lumping dikemas dengan bercerita tentang perang barong. Pemain kuda lumping menceritakan tentang barong jahat dan baik. Lalu, barong jahat disembelih oleh pentul. Hingga akhirnya, barong baik terselamatkan. “Kuda lumpingnya serat dengan makna,” tuturnya. 

    Arum menyampaikan, sosialisasi pada malam itu warga diberitahu terkait pelaksanaan pilkada yang akan dilaksanakan pada 9 Desember. Kemudian, menyampaikan terkait jumlah pasangan dan nama pasangan yang maju dalam pilkada. “Pada intinya kami menyampaikan tentang pengetahuan seputar Pilkada, mulai dari pelaksanaan, jumlah pasangan dan lain sebagainya,”jelasnya.(Red-HW33/Foto: Harian Wonosobo).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sosialisasi Pilkada Wonosobo 2015 Didampingi Tarian Lengger Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top