Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Monday 21 September 2015

    Teryata, Merpati Juga Seperti Manusia, Ini Penjelasannya

    Para juara saat berfoto

    Wonosobo, Harian Wonosobo – Tak hanya manusia yang memiliki golongan ningrat, ternyata merpati juga memiliki golongan layaknya manusia. Sebanyak 250 merpati golongan menengah ke atas (ningrat) kemampuannya diuji dalam perlombaan merpati kolong “Krasak Cup” di lapangan Desa Krasak, Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo, Minggu (20/9/2015).

    Terbukti, empat merpati kolong  golongan ningrat yaitu merpati bernama “C-Jab” yang dimiliki Asbin Club meraih juara I, juara II diraih merpati bernama “RL” yang dimiliki Koh Acho, juara III merpati bernama “Karang” dimiliki Asbin Club, dan juara IV merpati bernama “Tuan Nagari” yang dimiliki Asbin Club.
    “Hasil perlombaan merpati kolong kelas A berhasil diborong oleh Asbin Club. Mereka berhasil meraih juara I, II, III dan IV setelah mengalahkan 250 merpati kolong lainnya,” jelas Andi ketua perlombaan merpati kolong “Krasak CUP” usai pemberian hadiah, Minggu (10/9/2015).

    Untuk memperoleh juara pada perlombaan merpati kolong kelas A tidaklah mudah. Sebab, mereka harus mengikuti proses perlombaan selama dua hari.

    “Lomba merpati kolong ini digelar selama dua hari, satu hari DO I dan 2. Kemudian, hari berikutnya seleksi gugur murni. Dari 250 merpati kolong yang ikut, pada hari kedau tinggal tersisa 110 merpati kolong. Lalu dilanjutkan pertandingan dengan sistem gugur, hingga akhirnya empat merpati dinyatakan menang dan membawa hadiah berupa dua sepeda dan uang,” tuturnya.

    Hadia yang diperolehnya juga sesuai dengan biaya pendaftaran. Karena, peserta harus mendaftar terlebih dahulu. Untuk kemudian, membayar biaya pendaftaran sebesar Rp100ribu. “Uang pendaftaran standar, mereka mendaftar Rp100ribu,” tuturnya.

    Peserta yang pada hari pertama kalah, selanjutnya untuk hari ke dua sudah tidak bisa ikut lagi dalam perlombaan. Namun, untuk peserta atau merpati yang menang, maka mengikuti seleksi gugur pada hari kedua. “Kami gelar lomba ini selama dua hari, karena jumlah pesertanya cukup banyak,” katanya.
    Disebutkan, untuk merpati yang berhasil memperoleh juara dibandrol dengan harga berkisar Rp30juta sampai Rp50juta. Harga tersebut fluktuatf tergantung dengan pasaran. “Secara tidak langsung harga merpati yang menang mendulang drastis,”katanya.

    Peraih juara I Asbin Club mengaku, untuk bisa memperoleh juara tidaklah mudah. Sebab, harus secara rutin melatih merpati kolong. Latihan itu juga dilakukan untuk mengetahui karakter merpati kolong. “Butuh waktu lama dan rutin agar menghasilkan merpati yang handal. Apalagi, lawan-lawan merpati lainnya dalam kelas A sangat jago-jago,”tuturnya. (Red-HS33/Foto: Harian Wonosobo).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Teryata, Merpati Juga Seperti Manusia, Ini Penjelasannya Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top