Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Tuesday 15 September 2015

    Sapi Wonosopo Butuh Perhatian Bupati Terpilih

    Sapi di pasar Wonosobo

    Wonosobo, Harian Wonosobo – Sejatinya ada dua lagi sektor yang menjadi tugas berat Bupati dan Wakil Bupati yang akan terpilih. Sebab, ada dua sektor terpenting, selain sektor pasar desa, jalan rusak, sampah, mutu pendidikan, lapangan pekerjaan, serta pariwisata.

    “Dua sektor penting yang sangat membantu dan meningkatkan perekonomian adalah sektor peternakan dan pertanian. Keduanya, saling berhubungan erat, sayang sesuai data sensus pertanian kedua sektor tersebut mengalami penurunan,” kata Handoyo peneliti Serayu Institut (SI) Kabupaten Wonosobo di rumahnya, Senin (14/9/2015).

    Menurutnya, setiap pembanguan termasuk pula pembangunan dibidang pertanian dan peternakan bila diharapkan berhasil maka memerlukan perencanaan yang matang dan teliti serta didasarkan atas angka-angka statistik khusunya dibidang pertanian yang lengkap, aktual dan dapat dipercaya.

    “Sebenarnya dengan adanya sensus pertanian yang sudah dilakukan tahun 2013,  datanya bisa digunakan oleh pemerintah atau pihak yang berkepentingan untuk membuat kebijakan dan evaluasi program pembangunan pertanian dan peternakan. Sayangnya, sejauh ini belum mengarah ke situ,” tuturnya.

    Menurutnya, dua sektor penting  yakni pertanian dan peternakan yang bisa mendukung berlangsungnya hidup masyarakat Wonosobo dari hasil sensus pertanian mengalami penurunan yang cukup memprihatikan. Apabila kondisi tersebut tidak segera dicarikan solusi kebijakan baru oleh pemerintah maka akan berdampak terhadap keberlangsungan hidup masyarakat Wonosobo. “Sejatinya sangat mengancam, ketika ke dua sektor itu tidak segera ditangani,” katanya.

    Disebutkan, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Wonosobo menyebutkan berdasarkan angka sementara hasil pencacahan lengkap sensus pertanian 2013, jumlah populasi sapi atau kerbau di Kabupaten Wonosobo mengalami penurunan sebanyak 7218.

    “Sesuai data populasi sapi dan kerbau hasil PSPK di Kabupaten Wonosobo pada 2011 mencapai  31.634 ekor.  Sementara itu, dari hasil sensus pertanian 2013, populasi sapi dan kerbau turun menjadi 24.416 ekor,” katanya.

    Menurutnya, berdasarkan hasil sensus pertanian 2013 dengan membandingkan Jumlah Sapi dan Kerbau di Kabupaten Wonosobo Tahun 2011 dan 2013 apabila dirinci menurut wilayah, Kecamatan yang memiliki sapi dan kerbau paling banyak adalah Kecamatan Watumalang dengan jumlah populasi sebanyak 4.161 ekor, kemudian Kepil 3.101, dan Sapuran 2.887 Ekor.

    “Sedangkan Kecamatan yang memiliki sapi dan kerbau paling sedikit adalah Kejajajar dengan jumlah populasi sebanyak 220 ekor,” tambahnya.   (Red-HW44/Foto: Harian Wonosobo).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sapi Wonosopo Butuh Perhatian Bupati Terpilih Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top