Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Saturday 19 September 2015

    Sumeh Tawarkan Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Komunitas

    Sumeh saat mendatangi warga
    Wonosobo, Harian Wonosobo – Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Wonosobo, Sarif Abdillah dan Usup Sumanang menawarkan cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Wonosobo adalah dengan  melibatkan komunitas. Baik komunitas didesa maupun diperkotaan.

    “Pemberdayaan ekonomi berbasis komunitas didesa akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sebab, selama ini keamanan bisa terbangun, karena pondasi keamanan yang dibuat pemerintah adalah berbasis masyarakat,” tutur Sarif Abdillah ditanya mengenai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat disela-sela kunjungannya ke Desa Lamuk, Kecamatan Kaliwiro, Jumat (18/9).

    Menurutnya, pondasi yang sudah ditata saat ini adalah pondasi membuat sistem keamanan berbasis masyarakat. Untuk selanjutnya, pekerjaan rumah yang menanti adalah memperbaiki akses jalan menuju desa-desa. “Dari total 800 Km jalan yang ada di Kabupaten Wonosobo masih ada beberapa jalan rusak. Untuk itu, agar pemberdayaan ekonomi berbasis masyarakat bisa berjalan, maka tahap pertama adalah memperbaiki akses jalan rusak dibeberapa desa,” tuturnya.

    Setelah jalan desa diperbaiki, langkah selanjutnya adalah mengembangkan potensi yang ada didesa. Caranya, dengan melibatkan setiap komunitas yang ada didesa. “Setiap potensi desa dikembangkan, kita lihat misalnya, ada komunitas akik, kelompok tani, kelompok UMKM, ayo kita libatkan untuk bikin sesuatu berbasis desa. Dan menurut saya ini sangat penting karena kesejahteraan rakyat akan muncul ketika komunitas sudah dibangun untuk mengembangkan potensi yang ada didesanya masing-masing,” tutunya.

    Potensi yang sangat besar untuk memajukan masyarakat Wonosobo adalah sektor pertanian.  Karena, mayoritas masyarakat Wonosobo masih menggantungkan sumber ekonomi dari sektor pertanian. “Kalaupun ada industri itu juga tak lepas dari pertanian. Karena, industri yang besar di Kabupaten Wonosobo hampir semuanya bersumber dari sektor pertanian, seperti halnya kayu, karika dan juga kejayaan dieng jaya,” tuturnya.

    Ia juga melihat, selama ini investasi dibidang pertania jarang yang melirik.  Sementara, investor akan tertarik disektor pertanian apabila ada hal yang saling menguntungkan. “Untuk itu, melihat potensi salak, sayur, karika, kayu maka diperlukan untuk memaksimalkan promosi. Nantinya, kita harus kerjasama dengn DPRD untuk menambah biaya promosi,” harapnya.

    Calon Wakil Bupati Usup Sumanang juga menambahkan, selain sektor pertanian sektor peternakan juga menjadi hal yang penting. Karenanya, kedua sektor tersebut harus digarap secara maksimal. Supaya kesejahteraan masyarakat akan meninggkat. (Red-HW33/Foto: Harian Wonosobo).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sumeh Tawarkan Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Komunitas Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top