Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Friday 11 September 2015

    Bupati Wonosobo Terpilih Harus Peduli Sektor Pertanian


    Wonosobo, Harian Wonosobo – Hampir mayoritas terbesar warga Wonosobo merupakan petani. Untuk itu, sektor pertanian harus menjadi prioritas utama oleh calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan terpilih.
    Dari data yang ada, selama pemerintahan 10 tahun sejak 2003-2013, jumlah rumah tangga usaha pertanian di Kabupaten Wonosobo mengalami penurunan 8.770 rumah tangga usaha pertanian atau sebesar  0,58 persen per tahun. Data ini sangat mencengangkan dan harus dibenahi.

    Menurutnya, data tersebut  berdasarkan angka  hasil pencacahan lengkap sensus pertanian 2013, jumlah rumah tangga usaha pertanian di Kabupaten Wonosobo mengalami penurunan sebanyak 8.770 rumah tangga dari 151.351 rumah tangga pada tahun 2013 menjadi 142.581 rumah tangga pada tahun 2013.

    Disebutkan, sesuai data penurunan terbesar terjadi di Kecamatan Wonosobo dan kecamatan Leksono, yaitu masing-masing sebesar 17,30 persen dan 10,53 persen selama sepuluh tahun.

    Menurutnya, komposisi jumlah rumah tangga usaha pertanian di seluruh Kecamatan selama sepuluh tahun terakhir relatif tidak banyak berubah. Perubahan yang agak banyak terjadi di Kecamatan Wonosobo dan Sukoharjo, Berdasarkan hasil sensus pertanian 2013, jumlah rumah tangga usaha pertanian terbanyak berada di Kepil sebesar 9,30 persen. Sedangkan jumlah rumah tangga usaha pertanian paling sedikit di Kecamatan Wonosobo yaitu sebesar 3,30 persen.

    “Sebenarnya menurunnya angka rumah tangga pertanian ini lebih dikarenakan perkembagan zaman yang menuntutnya. Tetapi, perlu juga dilakukan upaya serius untuk menekan itu semua,” tuturnya.

    Disebutkan pula, untuk jumlah usaha pertanian di Kabupaten Wonosobo sebanyak 142.581 dikelola oleh rumah tangga, sebanyak 6 dikolala oleh perusahaan pertanian berbadan hukum dan sebanyak 166 dikelola oleh selain rumah tangga dan perusahaan berbdan hukum.

    Untuk Kecamatan Kepil, Wadaslintang dan Kertek merupakan tiga Kecamatan dengan urutan teratas yang mempunyai  jumlah rumah tangga usaha pertanian terbanyak, yaitu masing-masing 13.256 rumah tangga, 13.087 rumah tangga dan 12.070 rumah tangga. Sedangkan Kecamatan Leksono merupakan wilayah yang paling sedikit jumlah rumah tangga usaha pertaniannya, yaitu sebanyak 4.708 rumah tangga.

    Sementara itu jumlah perusahaan pertanian berbadan hukum dan usaha pertanian selain perusahan dan rumah tangga di Kabupaten Wonosobo untuk perusahaan sebanyak 6 unit dan lainnya 166 unit. Jumlah perusahaan di Kecamatan Kertek yaitu 3 perusahaan.

    Sedangkan sisanya di Kecamatan Wadaslintang, Sapuran, dan Kejajar masing-masing di Perusahaan. Adapun jumlah perusahaan tidak berbdan hukum dan bukan usaha rumah tangga usaha pertanian terbanyak terdapat di Kecamatan Selomerto, Yaitu 26 unit paling sedikit di Kecamatan Kalibawang, dan Kejajar yaitu masing-masing sebanyak satu unit. (Red-HW44/Foto: Harian Wonosobo).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bupati Wonosobo Terpilih Harus Peduli Sektor Pertanian Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top