Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Tuesday 8 March 2016

    Jangan Lupa, Salat Gerhana Matahari di Masjid Jami’ Wonosobo

    Ilustrasi. 
    Wonosobo, Harian Wonosobo - Bagi masyarakat muslim yang tinggal di wilayah Wonosobo dan sedang melaksanakan aktifitas dikota tak usah berburu-buru pulang hanya untuk melaksanakan shalat gerhana matahari. Sebab, masjid jami rencananya akan menggelar shalat gerhana matahari berjamaah. Bagi umat muslim yang hendak shalat gerhana bisa datang ke masjid Jami’ Wonosobo pada pukul 07.30 WIB. “Untuk masyarakat yang ingin melaksanakan shalat gerhana bisa datang pada pukul 07.30 WIB,” tutur Imam Besar Masjid Jami’, Arif Ramdhan kepada harianwonosobo.com.
    Disebutkan, shalat gerhana matahari atau shalat kusuf dilakukan dua rakaat dengan 4 kali rukuk yaitu pada rakaat pertama, setelah rukuk dan Iktidal membaca Al Fatihah lagi kemudian rukuk dan iktidal kembali setelah itu sujud sebagaimana biasa. “Begitu pula pada rakaat kedua,” tuturnya.
    Menurutnya, bacaan Al-Fatihah pada salat gerhana bulan dinyaringkan sedangkan pada gerhana Matahari tidak. Dalam membaca surat yang sunnat pada tiap rakaat, disunnatkan membaca yang panjang. “Hukum salat gerhana adalah sunnah muakkad berdasarkan hadis Aisyah. Nabi S.A.W dan para sahabat melakukan di masjid dengan tanpa adzan dan ikamah,”tuturnya.
    Untuk tata cara salat gerhana matahari adalah memastikan terjadinya gerhana bulan atau matahari terlebih dahulu. Salat gerhana dilakukan saat gerhana sedang terjadi
    Sebelum salat, jamaah dapat diingatkan dengan ungkapan, "Ash-salatu jaami'ah"
    Niat melakukan salat gerhana matahari atau gerhana bulan, menjadi imam atau makmum. Salat gerhana dilakukan sebanyak dua rakaat. Setiap rakaat terdiri dari dua kali ruku dan dua kali sujud. Setelah rukuk pertama dari setiap rakaat membaca Surah Al-Fatihah kembali. Pada rakaat pertama, bacaan surat pertama lebih panjang daripada surah kedua. Demikian pula pada rakaat kedua, bacaan surat pertama lebih panjang daripada surat kedua. Misalnya rakaat pertama membaca Surah Yasin dan Surah Ar-Rahman, lalu rakaat kedua membaca Surah Al-Waqiah dan Surah Al-Mulk. (HW/99/Usy Yudha/Harianwonosobo).


    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Jangan Lupa, Salat Gerhana Matahari di Masjid Jami’ Wonosobo Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top