Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Thursday 26 November 2015

    Pasar Ikan Kertek Wonosobo Didesak Diperbaiki

    Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Ikan Kertek Imam Al Ghazali sedang menunjukkan kondisi pasar ikan Kertek, Rabu (25/11).

    Wonosobo, Harian  Wonosobo  - Pedagang pasar ikan Kertek merasa jika kondisi pasar ikan Kertek sudah jauh dari layak. Untuk itu, mereka menginginkan agar ada perhatian untuk segera memperbaiki kondisi pasar ikan Kertek yang sudah terlihat kumuh. Sebab, keberadaan pasar ikan Kertek sangat membantu untuk menopang perekonomian masyarakat sekitar.

    Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Ikan Kertek, Imam Al Ghazali mengatakan, sudah pernah ada wacana untuk memindahkan pedagang pasar ikan Kertek ke lokasi balai pembibitan ikan di Kenjer. Tetapi, pedagang ikan di Kertek merasa keberatan. “Sebenarnya untuk meramaikan tidak harus dipindah, hanya butuh untuk diperbaiki saja. Sebab, pasar ikan Kertek sudah menjadi rujukan dari para petani ikan di  Kecamatan lain,” tuturnya disela-sela berjualan bibit ikan, Rabu (25/11).

    Menurut Imam, selama ini tidak ada masalah yang dihadapi oleh pedagang ketika berjualan ikan. Hanya saja kondisi pasar perlu untuk diperbaiki supaya terlihat lebih baik. “Selama ini ketika hendak memperbaiki pasar ikan, pedagang ikan di pasar Kertek iuaran,” tuturnya.

    Menurutnya, pasar ikan Kertek merupakan rujukan para petani untuk membeli benih ikan. Sebab, ketersedian bibit ikan di pasar ikan Kertek selalu ada. “Banyak sekali petani ikan di wilayah Mojotengah, Wonosobo, Sapuran, Leksono dan Kalikajar yang datang langsung ke pasar ikan Kertek. Mereka bisa leluasa memilih benih ikan yang dibutuhkan,” terangnya.

    Menurutnya, yang mendesak dibutuhkan oleh pedagang adalah modal. Sebab, selama musim hujan banyak sekali mitra tani yang hendak membudidayakan ikan. “Hampir setiap pedagang di pasar ikan Kertek itu memiliki petani binaan. Artinya, petani yang membudidayakan bibitnya, kemudian kami yang menjualnya. Modelnya kerjasama, kami yang memberikan modalnya. Tetapi, saat ini sedang kesulitan untuk modal,”tuturnya.

    Senada dengan Ahmad pedagang ikan asal Kalisuren yang mengaku, memasuki musim hujan banyak sekali petani yang mulai membudidaya ikan. Sebab, pasokan air selama musim hujan sangat banyak. “Pada musim kemarau ada sedikit penurunan petani yang membudidaya ikan. Tetapi, musim hujan ini mulai banyak petani yang membudidayakannya,” tuturnya.

    Disebutkan, untuk bibit ikan jenis bandung dan melem per gelasnya Rp12ribu. Tetapi, untuk bibit ikan munjahir pergelasnya Rp7ribu. (Red-HW99/Foto: Jam/Harian Wonosobo).

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pasar Ikan Kertek Wonosobo Didesak Diperbaiki Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top