Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Monday 16 November 2015

    Ujian Nasional 2016, Guru Wonosobo Dilatih Kupas Soal UN

    Kadisdikbudpora Kabupaten Wonosobo Samsul Maarif. 
    Wonosobo, Harian Wonosobo – Untuk mempersiapkan para siswanya menghadapi Ujian Nasional (UN) 2016, berbagai cara dilakukan. Tidak hanya oleh siswa, tapi juga seluruh elemen pendidikan. Tujuannya,  demi mencapai angka kelulusan 100 persen dengan nilai yang memuaskan.

    Termasuk didalamnya adalah usaha guru-guru yang tergabung dalam Pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Wonosobo yang menggelar workshop Bedah Standar Kompetensi Lulusan (SKL) UN SMP  di SMPN 2 Wonosobo, kemarin.

    Dalam kesempatan tersebut, Para Pengurus MKKS bersama sama dengan para peserta membedah SKL beserta indikatornya. dan mencoba melakukan analisa SKL dan sejumlah soal - soal pengayaan dan didampingi pemateri dari LPMP Jakarta.

    Disamping itu peserta juga diajak sharing terkait trik-trik menjawab soal dengan metode yang cepat, mudah dan tentunya tepat. Hal ini dilakukan karena dalam mengerjakan soal-soal UN, siswa tidak hanya berorientasi pada ketepatan semata, tapi juga ketepatan waktu yang telah ditentukan dengan waktu dalam pengerjaan juga harus tercapai. Dengan begitu, guru diharapkan lebih mantap mempersiapkan siswanya dalam memecahkan soal-soal UN.

    “Hasilnya untuk membekali guru-guru mapel  un dan  mengetahui prediksi soal UN tahun 2016. Serta berusaha untuk meningkatkan nilai rata-rata hasil UN,” terang  panitia bedah SKL MKKS SMP, H. Slamet Riyadi disela-sela workshop bedah SKL, kemarin.

    Menurutnya, guru harus lebih teliti dalam membaca dan menganalisa setiap butiran soal, terutama soal-soal dari esai/wacana/teks yang panjang. Selain itu, keterangan waktu juga harus diteliti. Terkadang tidak tertera dengan keterangan yang tertulis lugas, tapi bisa dikenali dengan struktur kalimatnya.

    “Bekal yang diberikan kepada guru berupa materi yang sesuai dengan standar kelulusan (SKL) dan kisi-kisi UN yang akan dikembangkan melalui kegiatan MGMP dan try out,” terangnya.

    Selain itu, waspada dalam menjawab soal-soal yang banyak membuat para siswa ragu-ragu menjawabnya. Tentunya hal itu bisa disiasati dengan banyaknya berlatih agar dapat mengenali karakter soal, dari setiap soal dan kata-kata kunci tentunya harus lebih banyak dikenali dan dicermati.

    Worskshop bedah SKL dibuka langsung oleh kadisdikbudpora Kabupaten Wonosobo Samsul Maarif dan diisi oleh pemateri dari LPMP Jakarta. (Red-HW12/Foto: Harian Wonosobo).

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ujian Nasional 2016, Guru Wonosobo Dilatih Kupas Soal UN Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top